Pengaruh pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMPLB Tunagrahita Sinar Harapan Kota Probolinggo / Desy Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMPLB Tunagrahita Sinar Harapan Kota Probolinggo / Desy Rahmawati

Rahmawati, Desy (2014) Pengaruh pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMPLB Tunagrahita Sinar Harapan Kota Probolinggo / Desy Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmawati Desy. 2014. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPLB Tunagrahita Sinar Harapan Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Uninversitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd. M.Kes (II) Drs. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci Prestasi Belajar IPA Problem Based Learning Anak Tunagrahita Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah dan mengalami hambatan dalam menyelesaikan tugas akademik maupun non akademik dalam kehidupan salah satunya kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPA sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran khusus yang dapat membantu untuk memecahkan masalah IPA dalam kehidupan. Salah satu cara untuk mengoptimalkan pembelajaran IPA adalah dengan memberikan model pendekatan Problem Based Learning (PBL). Model ini melatih siswa mandiri dapat bekerja sama dengan kelompok dan dapat memecahkan masalah berkaitan dengan masalah masalah yang ada dalam kehidupan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana prestasi belajar IPA siswa tunagrahita sebelum diberikan perlakuan dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) (2) bagaimana prestasi belajar IPA siswa tunagrahita sesudah diberikan perlakuan pendekatan Problem Based Learning (PBL) (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA anak tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan model satu kelompok Pre-test Post-test (One Group Pretest Posttes Design). Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi melakukan pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji t dan dikonsultasikan dengan tabel nilai presentil dan distribusi t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 56 5 dan nilai rata-rata post test 64 6. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan Problem Based Learning (PBL) yang mengalami peningkatan. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 4 82 t0 01 3 06 dan t0 05 2 18 maka Ho ditolak dan H1diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan prestasi belajar anak tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan Problem Based Learning (PBL) di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pihak sekolah (bersama guru) agar melakukan pengajaran dengan metode pembelajaran yang aktif khususnya mata pelajaran IPA. Guru dapat berperan aktif dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Untuk peneliti selanjutnya dapat menambah sampel dalam penelitian untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item