Pengaruh shaping behavior dengan sistem modelling terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Raharja Sejahtera Kandangan Kabupaten Kediri / Renny Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh shaping behavior dengan sistem modelling terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Raharja Sejahtera Kandangan Kabupaten Kediri / Renny Kusuma Wardhani

Wardhani, Renny Kusuma (2014) Pengaruh shaping behavior dengan sistem modelling terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Raharja Sejahtera Kandangan Kabupaten Kediri / Renny Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardhani Renny Kusuma. 2014. Pengaruh Shaping Behavior dengan Sistem Modelling terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Kelas 1 Di SDLB Raharja Sejahtera Kandangan Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd M. Pd Kata Kunci Tunagrahita bina diri shaping behavior dan sistem modelling 12288 12288 12288 12288 12288 Tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi dibawah rata-rata. Kemampuan bina diri merupkan modal dasar dalam membentuk kepribadian yang mandiri. Peneliti menemukan permasalahan seorang tunagrahita yang memiliki kemampuan bina diri yang masih kurang dengan usia yang telah menginjak remaja akhir 18 tahun. Kondisi yang terjadi adalah anak tidak mau untuk mengenakan pakaian dalam (celana dalam).Kemandirian dapat terbentuk karena adanya latihan dan proses pembiasaan baik dalam lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Oleh sebab itu peneliti menggunakan teknik Shaping Behavior dengan Sistem Modelling dalam meningkatkan kemampuan bina diri anak tunagrahita sedang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan pengaruh shaping behavior dengan sistem modeling terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita pada sub kemampuan mengurus diri pada aspek keterampilan berpakaian. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) reversal design AB. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita sedang kelas I di SDLB Raharja Sejahtera Kandangan. Analisis yang dilakukan pada dua kondisi yaitu analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi dengan menghitung mean level kecenderungan estimasi arah kecenderungan stabilitas arah dan prosentase overlape. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh antara Shaping Behavior dengan Sistem Modelling terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita. Pengaruh tersebut berupa peningkatan yang dapat dilihat pada penjabaran hasil kemampuan anak pada kondisi baseline berkisar antara 68 75%-75% dan meningkat pada kondisi intervensi berkisar antara 78 75%-90%. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis visual data yang menunjukkan peningkatan mean level dari kondisi baseline 73 meningkat pada kondisi intervensi 85. 12288 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian bahwa bahwa penggunaan teknik modifikasi perilaku yaitu Shaping Behavior dengan sistem modelling berpengaruh terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita sedang (subjek penelitian) AS. Saran yang diberikan kepada guru sebaiknya membuat task analysis ketika mengajarkan suatu keterampilan kompleks untuk mempermudah siswa. Kepada orangtua ABK sebaiknya berikan kesempatan keadaan anak untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimilikinya seluas-luasnya jangan dibatasi dengan rasa kekhawatiran yang berlebih sehingga menjadikan anak kurang mandiri dan bergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item