Peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif dan reseptif anak autis dengan menggunakan pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) di Little Ant Inclussion Kota Malang / Mika Nur Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif dan reseptif anak autis dengan menggunakan pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) di Little Ant Inclussion Kota Malang / Mika Nur Cahyanti

Cahyanti, Mika Nur (2014) Peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif dan reseptif anak autis dengan menggunakan pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) di Little Ant Inclussion Kota Malang / Mika Nur Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mika Nur Cahyanti. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Reseptif Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) di Little Ant Inclussion Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A (II) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci autis berbahasa reseptif dan ekspresif pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu diagnotis anak autis adalah memiliki hambatan pada komunikasi. Komunikasi dapat terjalin dengan baik apabila komunikasi reseptif dan ekspresif dapat terjalin dengan baik. Kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif anak autis yang tidak berkembang dapat mengakibatkan hambatan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif maupun ekspresif anak autis menggunakan pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) dengan model pembelajaran menggunakan DTT (Discrete Trial Training). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) terhadap kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif anak autis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian SSR (Single Subject Research) desain A-B-A -B selama 10 sesi. Pada fase baseline awal (A) terdiri dari 5 sesi fase intervensi awal (B) terdiridari 2 sesi fase baseline kedua 1 sesi dan baseline ketiga 2 sesi. Pengolahan data diukur dan dianalisis. Analisis data menggunakan visual grafik. Penelitian ini mengembangkan aspek bahasa reseptif dan ekspresif dengan subjek tunggal (satu anak autis). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang didapat dari keenam aspek bahwa anak mampu melaksanakan perintah maupun mengekpresikan keinginanya karena adanya bantuan intervensi. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian yang pada fase intervensi awal maupun intervensi akhir skor yang didapat lebih tinggi dari fase baseline awal maupun baseline akhir. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak mampu melaksanakan aspek yang dikembangkan karena adanya bantuan dari intervensi pendekatan ABA (Applied Behaviour Analysis) dengan model pembelajaran DTT (Discrete Trial Training) yang berpengaruh terhadap kemampuan anak. Saran bagi guru saat mengajar anak autis dengan jenis autis berat dan terlebih non verbal untuk menjalin komunikasi dua arah baik dalam berbahasa reseptif maupun berbahasa ekspresif menggunakan pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis) disertai dengan pengukuran dan kriteria penilaiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8765

Actions (login required)

View Item View Item