Penggunaan media boneka jari pada pembelajaran IPS siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Irwan Fajarudin Fuadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media boneka jari pada pembelajaran IPS siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Irwan Fajarudin Fuadi

Fuadi, Irwan Fajarudin (2014) Penggunaan media boneka jari pada pembelajaran IPS siswa tunagrahita di SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Irwan Fajarudin Fuadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fuadi Irwan Fajarudin. 2014. Penggunaan Media Boneka Jari pada Pembelajaran IPS Siswa Tunagrahita di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M. Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaya M. Pd. Kata Kunci Pembelajaran IPS Media Boneka Jari Tunagrahita. 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal di SDLB Tunagrahita Eka Mandiri Kota Batu diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa kelas III masih relatif rendah. Selama pembelajaran IPS guru hanya menggunakan metode ceramah demonstrasi dan guru hanya berpusat pada buku teks. Kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media yang ada akhirnya berdampak pada pembelajaran yang cenderung monoton yakni penyampaian pembelajaran dengan menuliskan materi yang disampaikan di papan tulis. Ketercapaian hasil belajar siswa dijabarkan dalam data prestasi sebagai berikut jumlah siswa yang mendapatkan nilai 8805 65 adalah sebanyak 2 siswa dengan persentase 20% dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 adalah sebanyak 8 siswa dengan persentase 80%. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian mendeskripsikan (1) Penggunaan media boneka jari pada pembelajaran IPS siswa kelas III di SDLB Tunagrahita Eka Mandiri Kota Batu (2) Aktivitas siswa kelas III di SDLB Tunagrahita Eka Mandiri Kota Batu saat menggunakan media boneka jari pada pembelajaran IPS (3) Hasil belajar IPS siswa kelas III di SDLB Tunagrahita Eka Mandiri Kota Batu setelah diterapkannya media boneka jari. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. 12288 12288 12288 Hasil penelitian guru dalam penggunaan media boneka jari pada siklus I memperoleh 92 06% meningkat pada siklus II menjadi 97 79%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 51 66% meningkat menjadi 76 65% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 52 5% meningkat pada siklus II menjadi 90%. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media boneka jari pada pembelajaran IPS aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III SDLB Tunagrahita Eka Mandiri Kota Batu dapat meningkatkan. 12288 12288 12288 Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala sekolah memberikan solusi dan pertimbangan terhadap sarana dan prasana yang menunjang pembelajaran yang lebih aktif dan kreatif. (2) Guru sebagai salah satu alternatif media pembelajaran IPS yang menggunakan media boneka jari. (3) Peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan penelitian yang sejenis dapat memperbaiki dan menyempurnakannya lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8761

Actions (login required)

View Item View Item