Penerapan permainan kubus huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDLB-C di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Fenni Dwi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan kubus huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDLB-C di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Fenni Dwi Anggraeni

Anggraeni, Fenni Dwi (2014) Penerapan permainan kubus huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDLB-C di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Fenni Dwi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Fenni Dwi. 2014. Penerapan Permainan Kubus Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDLB-C di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata Kunci Permainan Kubus Huruf Kemampuan Membaca Tunagrahita 12288 12288 12288 12288 Tunagrahita adalah sebutan bagi anak yang memiliki keterbelakangan mental. Anak tunagrahita mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kognitif motorik dan perilaku adaptif. Salah satu hambatan dalam perkembangan kognitif pada keterampilan berbahasa yaitu kemampuan membaca. Dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan aman melalui metode bermain diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini meliputi 1) mendeskripsikan penerapan permainan Kubus Huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDLB-C di SLB Eka Mandiri Kota Batu 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDLB-C sesudah penerapan permainan Kubus Huruf di SLB Eka Mandiri Kota Batu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK kolaboratif dengan acuan model siklus yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan 4 indikator kemampuan bahasa dan dokumentasi berupa foto. Analisis data secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan permainan Kubus Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa 2) Perolehan prosentase hasil keseluruhan siklus I sebesar 8 5% dan perolehan prosentase hasil keseluruhan siklus II sebesar 13 25%. Peningkatan siklus I dan siklus II sebesar 4 75%. Saran bagi lembaga SLB Eka Mandiri Kota Batu penelitian ini dapat digunakan sebagai peningkatan mutu pendidikan. Bagi guru dapat menerapkan permainan Kubus Huruf sebagai alternatif kegiatan pembelajaran dengan metode dan media yang menarik efektif dan efisien. Peneliti selanjutnya agar menambah sampel penelitian dan menggunakan metode dan media penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item