Hubungan bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB Yayasan Putra Pancasila (YP-2) Kedungkandang Malang / Ratna Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB Yayasan Putra Pancasila (YP-2) Kedungkandang Malang / Ratna Wijayanti

Wijayanti, Ratna (2014) Hubungan bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB Yayasan Putra Pancasila (YP-2) Kedungkandang Malang / Ratna Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Ratna. 2014. Hubungan Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita Di SMALB Yayasan Putra Pancasila (YP-2) Kedung Kandang Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S-1 Pendidikan Luar Biasa. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata kunci Bimbingan Motivasi Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita 12288 12288 12288 12288 Bimbingan belajar dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong siswa tunagrahita untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik. Dengan adanya bimbingan belajar yang diberikan oleh guru untuk siswa tunagrahita siswa menjadi semakin termotivasi untuk selalu giat belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya karena mendapatkan bimbingan belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. 12288 12288 12288 12288 Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB YP2 Malang 2) Mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB YP2 Malang dan 3) Mendeskripsikan hubungan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB YP2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket tertutup wawancara terstruktur yang ditujukan untuk siswa tunagrahita dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis linear ganda untuk menemukan korelasi antara variabel predictor dengan variabel criterium. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan peneliti adalah sebagai berikut hipotesis pertama menunjukkan terdapat korelasi yang tinggi dan menuju arah positif antara variabel bimbingan belajar dengan prestasi belajar. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R 0.773 hipotesis kedua menunjukkan terdapat korelasi yang tinggi dan menuju arah positif antara variabel motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R 0.767 dan hipotesis ketiga secara bersama-sama kedua variabel predictor tersebut berpengaruh sangat kuat terhadap variabel criterium hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R 0.891 dan nilai R Square () 0.794 artinya 79.4 % variasi yang terdapat pada prestasi belajar siswa dijelaskan oleh bimbingan belajar dan motivasi belajar sisanya 20.6 % dipengaruhi oleh faktor faktor lain. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa tunagrahita di SMALB Yayasan Putra Pancasila Kedung Kandang Malang. Dengan demikian diharapkan guru dapat memberikan dan meningkatkan bimbingan belajar yang lebih baik untuk siswa tunagrahita agar dapat menumbuhkan motivasi belajarnya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item View Item