Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMKN 2 Malang / Raditya Cahyo Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMKN 2 Malang / Raditya Cahyo Purnomo

Purnomo, Raditya Cahyo (2014) Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMKN 2 Malang / Raditya Cahyo Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purnomo Cahyo Raditya. 2014. Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd Pembimbing (II) Drs I Made Seken M.Pd Kata Kunci ABK Pendidikan Inklusif SMK Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMK Negeri 2 Malang sangatlah bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus dan pada tingkat pendidikan menengah atas SMK sangat sesuai dimana SMK lebih menekankan pada keterampilan siswa sebagai bekal mereka dalam bekerja sesuai dengan keterampilan yang di minati siswa. SMK Negeri 2 Malang merupakan satu-satunya SMK yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Malang dengan diturunkannya surat keputusan dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang perencanaan pelaksanaan penilaian dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMK Negeri 2 malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Diskriptif. Sumber data diperoleh dari informan SMK Negeri 2 Malang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi terbuka wawancara terstruktur dan dokumenstasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif di lakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan mengumpulkan data penyajian data dan menyimpulkan data melalui tahap pra lapangan kerja lapangan dan analisis data. Untuk menjamin tingkat kepercayaan dalam pengecekan data maka peneliti memilih teknik-teknik penyajian data sebagai berikut (1) pengujuan melalui teknik triangulasi sumber dan metode (2)ketekunan pengamatan. Simpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 malang dimuai dengan pembuatan visi dan misi inklusi. Sekolah membuat strutur organisasi inklusif dengan pembagian tugas dan dibuatnya alur penerimaan peserta didik baru reguler dan berkebutuhan khusus.penjurusan untuk ABK ada 2 yaitu Akomodasi perhotelan dan Teknik Komputer Jaringan Dalam pelaksanaannya sekolah menetapkan kurikulum KTSP sebagai acuan kurikulum modifikasi bagi ABK. Sekolah memiliki 5 GPK setiap GPK menangani 4-5 lima ABK. Dalam pembelajaran pada pembelajaran mormatif dan adaptif siswa belajar di kelas khusus dan pada pembelajaran produktif ABK belajar dikelas inklusi. Beberapa sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran bagi siswa ABK. Faktor pendukung terlaksananya pendidikan inklusif dari berbagai pihak seperti warga sekolah wali murid dan pemerintah. Penilaian dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan hasil ulangan harian ulangan semester dan ulangan kenaikan kelas. Untuk kriteria ketuntasan minimal ABK berbeda dengan reguler. Karir ABK setelah lulus dapat bekerja di lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan sekolah namun siswa juga dapat melanjutkan pendidikannya jika berminat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item View Item