Penggunaan media kartu bilangan untuk j meningkatkan pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Farika Rahmanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu bilangan untuk j meningkatkan pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Farika Rahmanita

Rahmanita, Farika (2014) Penggunaan media kartu bilangan untuk j meningkatkan pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Farika Rahmanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmanita Farika. 2014. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita Ringan Kelas I SDLB B-C Kepanjen Malang.Skripsi Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si. Kata kunci pembelajaran matematika media kartu bilangan tunagrahita ringan 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal di SDLB B-C Kepanjen Malang diketahui bahwa hasil belajar matematika anak kelas I-C masih kurang dan pembelajaran kurang menarik sehingga anak pasif. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah menjelaskan materi tertulis di papan dan anak mencatat saja. Hasil belajar anak 8805 65 sebanyak 1 anak (12 5%) dan nilai 65 sebanyak 7 anak (87 5%). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan SDLB B-C Kepanjen mendeskripsikan aktivitas belajar anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen saat menggunakan media kartu bilangan pada pembelajaran matematika dan mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen setelah menggunakan media kartu bilangan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian hasil analisis data tersebut penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika pada siklus I diperoleh hasil rata-rata (82 29%) dan pada siklus II menigkat hasil rata-rata menjadi (93 75%). Aktivitas belajar pada siklus I diperoleh hasil rata-rata mencapai (62 49%) pada siklus II meningkat menjadi (78 12%). Hasil belajar pratindakan mengalami ketuntasan belajar kelas (12 5%) mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar kelas menjadi (56 25%) dan meningkat lagi menjadi (73 75%) pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kesimpulan diatas guru menggunakan media kartu bilangan untuk meningkatkan pembelajaran matematika aktivitas belajar anak menggunakan media kartu bilangan selama pembelajaran matematika untuk menguasai konsep bilangan. Hasil belajar anak dalam pembelajaran matematika menggunakan media kartu bilangan menjadi salah satu alternatif yang memudahkan anak dalam pelajaran matematika pada anak kelas I Tunagrahita SDLB B-C Kepanjen. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item