Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Havivi Hidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Havivi Hidayanti

Hidayanti, Havivi (2010) Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Havivi Hidayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran CIRC Aktivitas Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Guru merupakan faktor paling penting dalam proses pembelajaran karena guru akan berhadapan langsung dengan siswa. Berdasarkan observasi awal keaktifan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Malang selama proses pembelajaran masih kurang karena siswa hanya mendengarkan dan mencatat pelajaran yang diberikan guru. Siswa kurang aktif dalam bertanya menjawab berdiskusi dan kurang tepat dalam mengumpulkan tugas dari guru. Berdasarkan fenomena tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberdayakan peran aktif siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran CIRC. Melalui kegiatan pokok dalam model pembelajaran ini membiasakan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC pada pelajaran PKn kelas VII di SMP Negeri 7 Malang (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas kelas VII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang setelah penerapan model CIRC dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan pokok bahasan upaya perlindungan HAM dan upaya penegakan HAM. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Malang yang berjumlah 44 siswa selanjutnya siswa tersebut di bagi kedalam 9 kelompok heterogen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kegiatan pengumpulan data penyajian data penarikan kesimpulan dan reduksi data. Hasil penelitian selama dua siklus dan empat kali pertemuan menunjukkan bahwa presentase keterlaksanaan pembelajaran model CIRC yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 26%. Untuk aktivitas belajar siswa diketahui terjadi peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I keaktifan siswa bertanya sebesar 8% dan meningkat pada siklus II sebesar 34% yaitu 42% keaktifan menjawab siklus I 29 5 dan meningkat pada siklus II sebesar 25% yaitu 54 5% keaktifan diskusi siklus I 7 5% meningkat pada siklus II sebesar 59 5% yaitu 67% ketepatan ii menyelesaikan tugas siklus I 89 5% meningkat 9 5% pada siklus II yaitu 99%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 13% sehingga nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 87 68. Selain itu berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan pada siswa setelah penerapan model CIRC menunjukkan bahwa dalam pembelajaran CIRC siswa antusias dan memperhatikan serta mengikuti tahap demi tahap karena pernyataan dalam angket berhubungan dengan pembelajaran CIRC yang telah dilaksanakan selama dua siklus dan empat kali pertemuan. Hal ini membuktikan bahwa siswa memperhatikan dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan ada tanggapan positif terhadap model pembelajaran CIRC. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 7 Malang (2) model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 7 Malang (3) siswa kelas VII D memberikan respon yang positif terhadap penerapan model CIRC pada mata pelajaran PKn. Ada beberapa hal saran dari peneliti berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan antara lain (1) model pembelajaran CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajarn yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn (2) penerapan model pembelajaran CIRC hendaknya diterapkan pada materi yang teorinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena siswa akan lebih cepat mengerti tentang materi tersebut (3) penerapan model pembelajaran CIRC hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kegiatan pokok yang terdapat dalam model pembelajarn CIRC (4) penerapan model pembelajaran CIRC hendaknya tidak dilakukan di kelas yang digunakan seharihari agar tidak mengganggu kelas lain karena pada saat presentase kelompok siswa cenderung ramai karena berebut bertanya atau menjawab (5) penelitian ini dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas sekolah pelajaran dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87559

Actions (login required)

View Item View Item