Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan hasiul belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 siswa kelas 1 tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang / Dharma Patria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan hasiul belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 siswa kelas 1 tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang / Dharma Patria

Patria, Dharma (2014) Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan hasiul belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 siswa kelas 1 tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang / Dharma Patria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Patria Dharma. 2014. Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Bilangan 1 Sampai 10 Siswa Kelas I Tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd (II) Dr. Sihkabuden M. Pd. Kata Kunci Media Papan Flanel Hasil Belajar Mengenal Bilangan 1 sampai 10 Berdasarkan observasi awal di kelas 1 SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang terdapat permasalahan dalam hasal belajar siswa. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru dalam pembelajaran masih menggunakan media papan tulis. Selain itu guru juga belum memanfaatkan media-pembelajaran yang menarik di dinding kelas. Hal ini menjadikan siswa menjadi pasif dan hasil belajar kurang memuaskan. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan media papan flannel yang dapat meningkatkan hasil balajar mengenal bilangan 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang (2) Adakah peningkatan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 setelah menggunakan papan flannel pada siswa tunagrahita kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan yaitu peneliti sebagai guru (pengajar) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang berjumlah 4 siswa terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pada penggunaan media papan flanel menunjukkan bahwa (1) Penerapan media papan flanel pembelajaran pengenal bilangan 1 sampai 10 telah sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP dan dilaksanakan pada 2 silkus untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang memenui KKM (2) Penggunaan media papan flanel dalam meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan 1 sampai 10 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77 5 dengan pesentase ketuntasan75% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 89 5 dengan presentase 100%. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dalam materi mengenal bilangan 1 sampai 10 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada kepada kepala sekolah pada umumnya untuk menyediakan papan flanel dan guru pada khususnya untuk menggunakan media papan flanel dalam pembelajaran matematika khususnya mengenal bilangan 1 sampai 10. Selain itu saran untuk peneliti lain yang mengambil penelitian serupa dapat menambahkan fokus penelitian tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item