Peningkatan keterampilan berbelanja siswa tunagrahita kelas VI dengan menggunakan media gambar di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Rifqi Syahrul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbelanja siswa tunagrahita kelas VI dengan menggunakan media gambar di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Rifqi Syahrul Azizah

Azizah, Rifqi Syahrul (2014) Peningkatan keterampilan berbelanja siswa tunagrahita kelas VI dengan menggunakan media gambar di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Rifqi Syahrul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Rifqi Syahrul. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbelanja Siswa Tunagrahita Kelas VI dengan Media Gambar di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. (2) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci Media gambar keterampilan berbelanja tunagrahita 12288 12288 12288 12288 12288 Keterampilan berbelanja merupakan bagian dari perilaku adaptif yang diajarkan pada siswa tunagrahita. Dalam pembelajarannya keterampilan berbelanja mencakup kemampuan berbahasa sosial dan mengelola uang. Siswa tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi dibawah rata-rata sehingga berpengaruh terhadap kemampuan adaptasi sosial dan hasil belajarnya. Peneliti menemukan permasalahan seorang tunagrahita yang mengalami kesulitan berbelanja. Salah satu penyebab kesulitan adalah anak sulit mengingat item yang harus dibeli. Oleh sebab itu peneliti menggunakan media gambar yang dapat dipakai siswa sebagai panduan ketika berbelanja. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbelanja tunagrahita kelas VI di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek dengan media gambar yang dinilai berdasarkan tiga aspek (1) peningkatan kemampuan berbelanja di swalayan pada siswa tunagrahita (2) peningkatan kemampuan membeli item pada siswa tunagrahita dan (3) peningkatan kemampuan konsep mahal dan murah pada siswa tunagrahita. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah Single Subject Design reversal design ABAB. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita kelas VI di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek yang masih belum lancar membaca. Siswa tunagrahita dalam penelitian ini termasuk klasifikasi mild atau intermitten. Pengumpulan data kemampuan berbelanja dan kemampuan membeli item dilakukan melalui observasi. Pada kemampuan mahal dan murah data dikumpulkan dari hasil tes tulis. Analisis data menggunakan analisis visual grafik. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbelanja yang meliputi tiga aspek yakni kemampuan siswa berbelanja di swalayan kemampuan membeli item dan kemampuan konsep mahal dan murah mengalami peningkatan usai intervensi diberikan. Peningkatan terlihat dari grafik yang menunjukkan mean level dan trend ketiga aspek tersebut meningkat dari fase baseline ke fase intervensi. Analisis latency menunjukkan perubahan perilaku tidak memerlukan waktu lama usai intervensi. Rekapitulasi mean total seluruh aspek dari fase baseline 1 (A1) 22 3 kemudian naik pada fase intervensi 1 (B1) menjadi 58 3 fase baseline 2 (A2) mean menjadi 39 5 dan fase intevensi 2 (B2) mean menjadi 63 5. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan bagi guru agar dapat menggunakan task analysis ketika mengajarkan suatu keterampilan kompleks. Bagi kepala sekolah diharapkan dapat mengembangkan program-program keterampilan adaptif. Bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian serupa dengan konteks yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item