Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang / Ninuk Wahyunita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang / Ninuk Wahyunita Sari

Sari, Ninuk Wahyunita (2014) Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang / Ninuk Wahyunita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Ninuk Wahyunita. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Slow Learner Kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Luar Biasa Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Media Animasi Hasil Belajar IPA dan Slow Learner. 12288 12288 12288 12288 Siswa slow learner kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang mengalami kesulitan ketika menghadapi pembelajaran IPA materi daur air. Siswa sulit memahami materi tersebut karena menurut mereka daur air sulit untuk dibayangkan. Menurut tahapan perkembangan kognitif Piaget siswa kelas V ( 11 tahun) sudah memasuki tahapan operasional formal sementara itu siswa slow learner masih berada pada tahapan operasional konkrit. Penjelasan mengenai daur air yang ada dalam buku penunjang IPA hanya berisi teks bacaan dan gambar ilustrasi sederhana saja sedangkan menurut para ahli slow learner lebih banyak berhasil belajar tanpa membaca. Pelajaran yang disajikan akan lebih mudah dikuasai jika pelajaran itu divisualisasikan. Salah satu alternatif memvisualisasikan materi pembelajaran yang bersifat abstrak adalah dengan menggunakan media elektronik berbasis audio visual berupa animasi. Penggunaan media animasi diharapkan materi yang disampaikan dapat tergambarkan dengan jelas. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana hasil belajar IPA siswa slow learner sebelum menggunakan media animasi 2) bagaimana hasil belajar IPA siswa slow learner setelah menggunakan media animasi dan 3) adakah pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Rancangan penelitian menggunakan quasi experiment dengan bentuk time series design. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis data diselesaikan dengan bantuan rumus uji tanda (sign test). 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar IPA sebelum menggunakan media animasi sebesar 61 6 yang ditunjukkan dari rata-rata hasil akhir pre tes. Sedangkan hasil belajar IPA setelah menggunakan media animasi sebesar 80 0 yang ditunjukkan dari rata-rata hasil akhir pos tes. Analisis data dengan menggunakan uji tanda menghasilkan kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner kelas V di SD Brawijaya Smart School Malang. 12288 12288 12288 12288 Kepada pihak sekolah dan guru sebaiknya menerapkan media animasi sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Bagi peneliti lanjutan peneliti menyarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai peningkatan hasil belajar IPA siswa slow learner kelas V pada materi daur air melalui penggunaan media animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item