Penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA anak tunagrahita kelas III SDLB B - C Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2013/2014 / Andriana Wahyu Istanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA anak tunagrahita kelas III SDLB B - C Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2013/2014 / Andriana Wahyu Istanti

Istanti, Andriana Wahyu (2014) Penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA anak tunagrahita kelas III SDLB B - C Kepanjen Kabupaten Malang tahun ajaran 2013/2014 / Andriana Wahyu Istanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Istanti Wahyu Andriana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran IPA Anak Tunagrahita Kelas III SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M. Pd. Kata kunci pemebelajaran IPA model picture and picture tunagrahita. Berdasarkan observasi awal di SDLB B-C Kepanjen Malang diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa kelas III-C masih relatif rendah. Selama pembelajaran IPA berlangung guru hanya menjelaskan materi secara lisan tertulis dipapan tulis guru juga kurang menggunakan model pembelajaran hanya terpaku pada buku teks kemudian memberikan tugas menyalin kalimat. Ketercapaian hasil belajar siswa dijabarkan dalam data prosentase sebagai berikut jumlah siswa yang mendapatkan nilai 8805 65 adalah sebanyak 2 siswa dengan persentase 29% dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai 65 adalah sebanyak 5 siswa dengan persentase 71%. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA siswa tunagrahita ringan SDLB B C Kepanjen Kabupaten Malang Mendeskripsikan aktivitas siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB B-C Kepanjen saat diterapkan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran IPA dan mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB B-C Kepanjen setelah diterapkannya model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian pratindakan diperoleh rata-rata mencapai 54 29 dengan ketuntasan belajar kelas 29% siklus I di peroleh hasil rata-rata mencapai 64 99 dengan ketuntasan belajar kelas 42 86%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas mencapai 74 29 dengan ketuntasan belajar kelas 85 71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran picture and picture hasil belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen dapat ditingkatkan. Agar persiapan pembelajaran lebih matang mudah dalam mengkondisikan kelas dan pembelajaran tidak membuat siswa jenuh ataupun bosan maka guru sebaiknya menyiapkan materi-materi yang akan diajarkan terlebih dahulu dan menggunakan permainan untuk mengalihkan sejenak perhatian siswa setelah itu baru difokuskan perhatian siswa pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item