Pengembangan panduan tata rias wajah untuk kemandirioan siswa tunarungu SMALB YPTB Malang / Febrina Listiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan tata rias wajah untuk kemandirioan siswa tunarungu SMALB YPTB Malang / Febrina Listiningrum

Listiningrum, Febrina (2014) Pengembangan panduan tata rias wajah untuk kemandirioan siswa tunarungu SMALB YPTB Malang / Febrina Listiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Listiningrum Febrina. 2014. Pengembangan Panduan Tata Rias Wajah Untuk Kemandirian Siswa Tunarungu SMALB YPTB Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dra.Sudarsini M.Pd Kata Kunci panduan tata rias kemandirian tunarungu keterampilan vokasional 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran vokasional bagi peserta didik dengan hambatan pendengaran atau tunarungu perlu diselenggarakan melalui suatu kegiatan yang berencana bertahap dan berkelanjutan. Jenis keterampilan yang diberikan adalah jenis keterampilan kerja praktis dan tidak memerlukan legalitas formal akademis mudah dilakukan serta berorientasi kerja. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk pengembangan dan menguji kelayakan produk. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan Panduan Tata Rias Wajah ini mengadaptasi langkah-langkah model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan) evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan melalui angket dan pengamatan langsung kepada siswa di SMALB-B YPTB Malang diperoleh data sebagi berikut (a) dari 100% siswa di SMALB-B YPTB membutuhkan panduan tata rias wajah (b) sebanyak 80% menyatakan membutuhkan panduan dalam bentuk buku (c) sebanyak 80% siswa membutuhkan panduan berisi gambar yang menarik dan keterangan untuk menjelaskan gambar (d) siswa SMALB memiliki potensi dan kreatifitas yang patut dikembangkan namun di SMALB-B YPTB pembelajaran keterampilan tata rias belum optimal. Dari sinilah penulis ingin membuat sebuah buku panduan yang dibuat semenarik mungkin dan disertai gambar alat bahan tahapan pengaplikasian dan keterangan yang dapat memudahkan siswa memahami tata rias wajah dengan buku panduan ini. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan panduan tata rias wajah untuk kemandirian siswa tunarungu SMALB YPTB Malang diperoleh data sebagai berikut (1) validasi ahli tata rias wajah 94% (baik sekali) (2) validasi ahli media bahan ajar sebesar 100% (baik sekali) (3) validasi ahli praktisi sebesar 88% (baik sekali) (4) uji coba (kelompok kecil) sebesar 88% (baik sekali) . Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan tata rias wajah untuk kemandirian siswa tunarungu SMALB YPTB Malang menarik untuk dijadikan sebagai bahan ajar mandiri mudah untuk dipahami serta bermanfaat untuk siswa SMALB YPTB. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitiam tersebut maka saran yang diajukan adalah (1) guru hendaknya mampu memahami isi buku panduan dan melakukan pendampingan secara individual terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam (2) peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan panduan dalam beberapa panduan pembelajaran dan memperbanyak keragaman populasi dan wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item