Pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan menghitung 1-6 dalam pelajaran matematika pada anak Cerebal Palsy (CP) di SDLB D/D1 YPAC Malang / Ingke Maria Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan menghitung 1-6 dalam pelajaran matematika pada anak Cerebal Palsy (CP) di SDLB D/D1 YPAC Malang / Ingke Maria Febriyanti

Febriyanti, Ingke Maria (2014) Pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan menghitung 1-6 dalam pelajaran matematika pada anak Cerebal Palsy (CP) di SDLB D/D1 YPAC Malang / Ingke Maria Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriyanti Ingke Maria. 2014. Pengaruh Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Dalam Pelajaran Matematika Pada Anak Cerebal Palsy (CP) Di SDLB YPAC Malang. Skripsi S1 PLB Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd (2) Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci permainan dadu kemampuan berhitung cerebal Palsy Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan menghitung dalam pelajaran matematika pada anak cerebal palsy di SDLB D/D1 YPAC Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi melalui lembar tes kemampuan berhitung kemudian dianalisis kebenaran soal dengan rumus persentase. Subjek penelitian ini adalah RA (12 tahun) dan DIM (12 tahun). Langkah-langkah permainan dadu (1) anak mengambil 2 buah dadu kemudian dilempar satu persatu (2) anak menghitung jumlah mata dadu yang keluar pada masing-masing dadu (3) anak menyebutkan hasil penjumlahan dari kedua dadu (4) anak mengambil kartu bilangan yang sesuai dengan jumlah mata dadu yang dihitung anak sebelumnya. Berdasarkan pengolahan data diperoleh mean level fase baseline subjek RA sebesar 64% dan DIM 66%. Mean level pada fase intervensi subjek RA sebesar 84 2% dan DIM 97 1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan menghitung dalam pelajaran matematika pada anak cerebal palsy di SDLB YPAC Malang. Saran untuk guru kelas agar meningkatkan kreativitas dan kiat khusus untuk mencari terobosan dalam memberikan inovasi pembelajaran anak Cerebal Palsy sehingga hasil belajar siswa pada kegiatan menghitung penjumlahan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item