Kebugaran jasmani siswa sekolah dasar negeri Kecamatan Junrejo Kota Batu / Rizal Rendy Kusuma

Kusuma, Rizal Rendy (2019) Kebugaran jasmani siswa sekolah dasar negeri Kecamatan Junrejo Kota Batu / Rizal Rendy Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusuma, Rizal Rendy. 2018. KebugaranJasmani SiswaSekolah Dasar Negeri KecamatanJunrejoKotaBatu. Skripsi,JurusanPendidikanKepelatihanOlahraga, FakultasIlmuKeolahragaan,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Hariadi, M. Kes. Kata Kunci : kebugaran jasmani, siswa Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari dan adaptasi terhadap pembebanan fisik tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Kebugaran jasmani bagi pelajar sebagai tujuan pendidikan. Seorang siswa yang mempunyai tingkat kebugaran jasmani yang baik akan dengan mudah melakukan aktivitas belajar dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi SDN Kecamatan Junrejo Kota Batu.Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebugaran siswa, sehubungan dengan fakta yang ada bahwa belum pernah diadakan survei mengenai tingkat kebugaran jasmani pada beberapa sekolah tersebut, sehingga guru pendidikan jasmani tidak mengetahui seberapa besar tingkat kebugaran siswa. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis, mencatat dan menginterprestasi situasiataukejadian.PopulasiyangdigunakandalampenelitianinisiswasiswiSekolahDasarNegeriKecamatanJunrejoKotaBatu.SamplepadapenelitianiniyaituSDdengankriteriatinggi, SDdengankriteriasedangdan SD dengankriteriarendah.Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) tahun 2010 untuk usia 10-12 tahunyang sudah dibakukan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantatif. Hasil tes tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi SDN Kecamatan Junrejo Kota Batu dilakukan dengan tes Tingkat Kebugaran Jasmani (TKJI)bahwa siswa putra SDN di Kecamatan Junrejo Kota Batu diperoleh yaitu lari 40 meter 8,22 detik, gantung siku 19 kali, baring duduk 19 kali, loncat tegak 27 cm, lari 600 meter 4,39.Tingkat Kebugaran Jasmani siswa putri SDN di Kecamatan Junrejo Kota Batu diperoleh hasil lari 40 meter 9,03 detik, gantung siku 9 kali, baring duduk 17 kali, loncat tegak 209 cm, lari 600 meter 3,37 menit. Kesimpulan tingkat kebugaran jasmani siswa putra di SDN Kecamatan Junrejo Kota Batu berada di kategori “kurang dan tingkat kebugaran Jasmani siswa putri SDN Kecamatn Junrejo Kota Batu berada di kategori “sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87400

Actions (login required)

View Item View Item