Meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble bola basket menggunakan metode drill berpola pada siswa ekstrakurikuler SMPN 2 Ngawi Kabupaten Ngawi / Felix Ananta Hartono

Hartono, Felix Ananta (2019) Meningkatkan keterampilan teknik dasar dribble bola basket menggunakan metode drill berpola pada siswa ekstrakurikuler SMPN 2 Ngawi Kabupaten Ngawi / Felix Ananta Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hartono, Felix Ananta. 2019. Meningkatkan keterampilan Teknik Dasar Dribble Bolabasket pada siswa Ektrakurikuler Putra SMP Negeri 2 Ngawi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu keolahragan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Supriyadi, M.Kes. Kata Kunci: bolabasket, teknik dasar dribble bola basket, metode drill Bolabasket adalah olahraga tim yang terdiri dari dua tim yang terdiri dari lima orang yang masing-masing bersaing untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan. Di bola basket, ada empat teknik dasar, yaitu passing, dribble, shooting, lay-up. Salah satu contoh teknik dasar yang diteliti yaitu dribble. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknik dasar dribble dengan menerapkan metode drill . Observasi awal bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan dan tahu apa yang harus dilakukan, pada bulan April selama proses pelatihan pada teknik dasar dribble berpola bagi peserta putra ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 2 Ngawi. Peneliti memperoleh hasil data bahwa teknik dasar dribble masih belum optimal dan masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Ini bisa dilihat dari observasi awal yang telah didapat. Penguasaan setiap indikator teknik dribble, seperi gerak awal rata rata Fase Persiapan (1) pandangan tetap ke depan, Memegang bola basket dengan ujung jari, Menjaga pantulan bola tetep rendah dan Sikap badan rendah 43% Pada indikator rata rata Fase Pelaksanaan (2) pantulan bola harus tidak melebihi pinggang, Posisikan badan diantara pemain lawan dan bola, tidak berhenti dribble 51%. Pada indikator rata rata Fase Akhir (3) mempertahankan posisi tangan diatas bola, memposisikan dengan berdiri secara rileks dgn posisi salah satu kaki sedikit ke depan, Memulai dribble dengan berjalan maju 45%. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, diperlukan peningkatan teknik dasar dribble peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 2 Ngawi menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan 2 siklus. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi. Ada empat tahap dalam penelitian tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket putra dari SMP Negeri 2 Ngawi, yang berjumlah 20 peserta. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan pada observasi awal rata rata Fase persiapan 43%, Fase Pelaksanaan 51%, Fase Akhir 45%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan yang cukup optimal rata rata Fase Persiapan 55%, Fase Pelaksanaan 58%, Fase Akhir 60% dan siklus ke 2 terjadi peningkatan yang sangat baik rata rata Fase Persiapan 68,5%, Fase Pelaksanaan 79,5%, Fase Akhir 78,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan drill yang diterapkan pada berbagai latihan teknik dasar dribble dapat meningkatkan atau memperbaiki teknik dasar dalam permainan bolabasket peserta putra ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 2 Ngawi. Saran dari penelitian ini diharapkan agar hasil penelitian ini dapat diuji pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan dengan benar. Selain itu, diharapkan akan ada penelitian lebih lanjut, untuk meningkatkan kemampuan mengolah dribble dengan lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87393

Actions (login required)

View Item View Item