Nugroho, Taufan (2014) Penggunaan media ruji-ruji dalam peningkatan keterampilan penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Taufan Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nugroho Taufan. 2014. Penggunaan Media Ruji Ruji Dalam Peningkatan Keterampilan Penjumlahan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II Di SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Tumardi S. Pd. M. Pd. Kata Kunci media ruji ruji keterampilan penjumlahan tunagrahita ringan Dalam proses pembelajaran matematika dikelas II SDLB Eka Mandiri diperoleh informasi bahwa siswa tunagrahita ringan mengalami kesulitan untuk memahami konsep penjumlahan bilangan dengan hasil angka sampai 20. Dalam proses pembelajaran peran guru mendominasi sehingga siswa kurang aktif dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan penggunaan media ruji ruji terhadap keterampilan penjumlahan pada siswa kelas II SDLB Eka Mandiri (2) peningkatan keaktifan siswa kelas II SDLB Eka Mandiri dalam penggunaan media ruji ruji terhadap hasil belajar penjumlahan (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDLB Eka Mandiri dengan penggunaan media ruji ruji terhadap hasil belajar penjumlahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas II SDLB Eka Mandiri kota Batu yang terdiri dari 7 siswa 5 laki-laki dan 2 perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan penjumlahan dalam penggunaan media ruji-ruji. Peningkatan tersebut berupa peningkatan keterampilan penjumlahan siswa peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan proses pembelajaran. Keterampilan penjumlahan siswa sebelum penggunaan media ruji ruji belum maksimal nilai rata-rata 48 6 sehingga siswa dikatakan belum mampu dalam penjumlahan. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media ruji ruji sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran adanya peningkatan pada setiap pertemuan sehingga pelaksanaan pembelajaran sudah maksimal yang dikategorikan sangat baik dengan rata-rata mencapai 86 9%. Penggunaan media ruji ruji dapat mengkatkan keterampilan penjumlahan siswa tunagrahita. Rata-rata kelas pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan pratindakan mencapai 62 8 % yang dikategorikan belum baik atau belum mampu. Siklus II rata-rata mencapai 84 28 % yang dikategorikan baik atau mampu. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru kepala sekolah dan siswa diharapkan mampu menerapkan media ruji ruji dalam pembelajaran matematika khususnya penjumlahan agar pembelajaran menarik dan aktif. Peneliti lain diharapkan dapat memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan media ruji-ruji agar lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |