Hidayat, Rida Agung (2014) Pengaruh penggunaan media stick eskrim terhadap prestasi belajar berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas V SLB Putra Jaya / Rida Agung Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayat Rida Agung. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Stick Eskrim Terhadap Prestasi Belajar Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Kelas V SLB Putra Jaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd. Kata Kunci stick eskrim prestasi belajar tunagrahita Untuk mencapai prestasi belajar yang baik guru harus bisa mengoptimalkan media yang ada dalam pembelajaran salah satunya adalah media stick eskrim untuk berhitung penjumlahan bilangan cacah. Berdasarkan observasi guru kurang mengoptimalkan media yang ada hanya terbatas menggunakan jarimatika. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana prestasi belajar berhitung penjumlahan siswa kelas V tunagrahita di SLB Putra Jaya sebelum dibelajarkan dengan menggunakan media stick eskrim (2) Bagaimana prestasi belajar berhitung penjumlahan siswa kelas V tunagrahita di SLB Putra Jaya setelah dibelajarkan dengan menggunakan media stick eskrim (3) Adakah pengaruh penggunaan media stick eskrim terhadap prestasi belajar berhitung penjumlahan siswa kelas V tunagrahita di SLB Putra Jaya Kota Malang Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan kuatitatif desain yang digunakan Quasi eksperimental bentuk time series design yang terdiri dari 4 pre test dan 4 post test. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V tunagrahita ringan SLB Putra Jaya Kota Malang yang terdiri dari 5 peserta didik 3 laki-laki dan 2 perempuan. Sebelum dibelajarkan menggunakan media stick eskrim diketahui nilai rata-rata siswa hanya 3 4. Sesudah dibelajarkan menggunakan media stick eskrim nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 8 8. Hasil analisis menggunakan uji tanda menunjukkan ada pengaruh penggunaan media stick eskrim terhadap prestasi belajar berhitung penjumlahan. Diketahui nilai rata-rata pretest 3 4 dan nilai rata-rata post test 8 8. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai Z sebesar 2 68 1 96 sehingga dapat disimpulkan penggunaan media stick eskrim berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar berhitung penjumlahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum dibelajarkan menggunakan media stick eskrim hanya mendapatkan 3 4. Setelah dibelajarkan dengan menggunakan media stick eskrim nilai rata-rata siswa 8 8. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan media stick eskrim terhadap prestasi belajar. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Guru disarankan menggunakan media stick eskrim dalam proses pembelajaran materi berhitung penjumlahan bilangan cacah. (2) Siswa disarankan menggunakan media stick eskrim dalam berhitung penjumlahan agar tidak mengalami kesulitan dalam berhitung. (3) Peneliti Selanjutnya disarankan dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan media stick eskrim namun tidak hanya terbatas pada penjumlahan saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |