Penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB B-C Kepanjen / Isma Mandrika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB B-C Kepanjen / Isma Mandrika

Mandrika, Isma (2014) Penggunaan media gelas bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB B-C Kepanjen / Isma Mandrika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mandrika Isma. 2014. Penggunaan Media Gelas Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB B-C Kepanjen. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci media gelas bilangan hasil belajar tunagrahita ringan Proses pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep materi pengurangan dengan teknik meminjam pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB B-C Kepanjen menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan pembelajaran konvensional dengan ceramah dan penugasan. Guru tidak menggunakan media pembelajaran guru tidak menggunakan media dengan benda nyata sehingga siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Selain itu hasil belajar siswa menunjukkan sebanyak 5 (71 43%) siswa dari 7 siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Sedangkan siswa yang telah mencapai standar ketuntasan yaitu 2 siswa atau 28 57%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Kegiatan pembelajaran disusun dan dirancang oleh peneliti dengan menggunakan media matematika. Media yang sesuai dengan materi operasi pengurangan adalah gelas bilangan. Pembelajaran dilaksaanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdapat 4 tahapan terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan meliputi lembar observasi pedoman wawancara tes dan dokumentasi. Penggunaan media gelas bilangan pada materi pengurangan dengan teknik meminjam guru menginformasikan langkah-langkah penggunaan media gelas bilangan guru mendemonstrasikan penggunaan media gelas bilangan dan guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggunakan media gelas bilangan. Hasil penelitian melalui penggunaan media gelas bilangan dapat mengatasi masalah pembelajaran matematika. Hal tersebut diketahui pada ketuntasan hasil belajar pratindakan adalah 28 57% pada siklus I sebesar 42 86% dan pada siklus II meningkat 71 43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pembelajaran setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi pengurangan dengan teknik meminjam melalui medi gelas bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB B-C Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item