Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika anak tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang / Gresila Dessy Sri Lostari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika anak tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang / Gresila Dessy Sri Lostari

Lostari, Gresila Dessy Sri (2014) Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika anak tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang / Gresila Dessy Sri Lostari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lostari Gresila Dessy Sri. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si (II) Drs. Tomas Iriyanto S. Pd M. Pd. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) hasil belajar. Pembelajaran matematika akan sulit diterima jika pembelajaran dilaksanakan secara konvensional. Penjelasan yang bersifat abstrak membuat pembelajaran tidak terserap dengan maksimal begitu juga dengan anak tunagrahita lebih kesulitan dalam memahaminya. Untuk mengatasi masalah yang terjadi maka perlu adanya pendekatan pembelajaran matematika yang lebih banyak difokuskan pada masalah kontekstual. Pendekatan PMRI merupakan salah satu pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunagrahita sebelum menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunagrahita sesudah menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan pembanding subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretes dan posttes. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis menggunakan uji Spearman Rank Corelation yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretes dan posttest. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada saat pretes sebesar 50 3 sedangkan pada post test sebesar 86 4. Hasil output diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 264. Menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 8804 945 /2. Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar matematika anak tunagrahita di SMALB Putra Jaya Kota Malang. Saran yang diajukan untuk guru adalah penelitian ini dijadikan sebagai referensi pendekatan baru untuk memperbaiki pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konvensional dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan PMRI materi selain kegunaan mata uang dalam kehidupan sehari-hari disesuaikan dengan kondisi nyata di lingkungan peserta didik tinggal dan mengganti dengan model yang lebih relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8735

Actions (login required)

View Item View Item