Pengelolaan program kelompok bermain (Studi kasus di KB Muslimat NU 14 Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Achmad Pradana Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program kelompok bermain (Studi kasus di KB Muslimat NU 14 Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Achmad Pradana Purnama

Purnama, Achmad Pradana (2013) Pengelolaan program kelompok bermain (Studi kasus di KB Muslimat NU 14 Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Achmad Pradana Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengelolaan kelompok bermain (KB). Pengelolaan program Kelompok Bermain (KB) merupakan usaha bersama untuk mencapai tujuan yang baik serta dapat berguna untuk orang lain. Pengelolaan meliputi hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan program mulai dari perencanaan sampai evaluasi kelompok bermain. Program kelompok bermain sekarang ini dirasa penting dalam pembelajaran sebelum memasuki jenjang berikutnya karena anak dapat bereksplorasi sesuai dengan minat karakteristik anak masing-masing. Kelompok Bermain Muslimat NU 14 yang berlokasi di Kecamatan Blimbing Kota Malang yang berjalan selama 7 tahun namun sudah mengalami banyak perubahan baik positif maupun negatif oleh karena itu perlu diketahui pengelolaan KB Muslimat NU 14 sebagai wadah pendidikan untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan dalam program Kelompok Bermain yang meliputi 5 tahap yaitu tahap perencanaan tahap pengorganisasian tahap pelaksanaan tahap pengawasan dan tahap evaluasi program. Pengelolaan tersebut dibagi dalam sumber daya manusia sarana dan prasarana pembiayaan administrasi dan pembelajaran. Peneliti ingin melaksanakan tahapan penelitian secara mendalam dengan metode penelitian deskriptif yang terarah melalui pendekatan studi kasus tertuju pada pengelolaan program KB pada KB-TK Muslimat NU 14 Polowijen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendeskripsikan dan menggambarkan pengumpulan data dalam bentuk narasi atau uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan program Kelompok Bermain pada tahap perencanaan tidak ada kriteria untuk penentuan pengelola dan pendidik. Pada tahap pengorganisasian dirasa masih rendah karena tidak ada spesifikasi khusus dalam pengelompokan struktur organisasi. Pada tahap pelaksanaan sempat terjadi penurunan warga belajar karena pergantiaannya tenaga pendidik dan masih kurangnya dalam buku keadministrasian seperti buku inventaris barang. Pada tahap pengawasan hanya sekali saja dikunjungi pengawas TK/SD sehingga menjadi masalah informasi untuk pengakreditasian. Tahap evaluasi masih mengalami beberapa kekurangan mulai dari keterlambatan tenaga pendidik dalam menyerahkan tugas karena juga mengenyam jenjang S1 dan dalam proses belajar kurang kreatifnya tenaga pendidik dalam memanfaatkan media belajar sekitas karena kurangnya pelatihan dari dinas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item