Survei minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen / Krisnanda Widya Nugraha

Nugraha, Krisnanda Widya (2020) Survei minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen / Krisnanda Widya Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugraha, Krisnanda Widya. 2019. Survei Minat Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd., (II) Dr. dr. H. Moch. Yunus, M.Kes. Kata Kunci: minat, kegiatan ekstrakurikuler olahraga, SMP Negeri 03 Kepanjen Olahraga mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan melakukan kegiatan aktifitas olahraga dapat membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohani serta mempunyai sikap disiplin dan pada akhirnya akan terbentuk manusia yang berkualitas. Kurangnya minat berolahraga di sebabkan oleh aktivitas pendidikan yang padat serta rasa malas yang ada pada diri siswa. Kegiatan ekstrakurikuler adalah wahana pengembangan pribadi peserta didik melalui berbagai aktifitas, baik yang berkaitam dengan kurikulum ataupun tidak berkaitan dengan kurikulum, sebagai bagian dari tujuan kelembagaan sekolah. Pada dasarnya seseorang melakukan kegiatan, aktifitas, atau tingkah laku selalu didasari dengan adanya minat yang tinggi untuk melakukan aktivitas atau kegiatan tersebut. Kegiatan aktifitas ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat para siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang diadakan di SMP Negeri 03 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel digunakan adalah para siswa kelas VII yang berjumlah 52 orang dari 14% siswa yang keseluruhan berjumlah 360. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, sedangkan perhitungan menggunakan teknik persentase, Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen: 1) sub variabel perasaan yang meliputi perasaaan tertarik, suka, senang, dan ingin tahu siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 03 Kepanjen dengan hasil analisis sebesar 64% dan dapat diklasifikasikan sebagai ketegori cukup naik, 2) sub variabel perhatian berdasarkan hasil analisis persentase menunjukan bahwa siswa SMP Negeri 03 Kepanjenn memiliki perhatian terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga sebesar 66% dan dapat diklasifikasikan dalam kategori cukup baik, 3) sub variabel kebutuhan berdasarkan hasil analisis persentase menunjukan bahwa minat siswa SMP Negeri 03 Kepanjen sangat mebutuhkan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah guna untuk menunjang tujuan-tujuan yang para siswa inginka, sub variabel kebutuhan menunjukan nilai sebesar 89% dan dapat diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Saran penelitian selanjutnya yaitu dilengkapi dan dikembangkan dengan variabel-variabel yang lain, sehingga dapat memperbaiki dari penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87329

Actions (login required)

View Item View Item