Analisis antropometri dan (VO2Max) peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar / Dikky Dwi Prasetya

Prasetya, Dikky Dwi (2019) Analisis antropometri dan (VO2Max) peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar / Dikky Dwi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasetya, Dikky Dwi. 2019. Analisis Antropometri dan Daya Tahan VO₂ Max Peserta Ekstrakulikuler Bola Voli Putri SMAN 1 Talun Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd., (2) Drs. Supriatna, M.Pd. Kata Kunci: antropometri, daya tahan vo2max dan bola voli. Dengan prestasi yang cukup baik di capai oleh peserta ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar, belum teridentivikasi analisi antropometri dan VO₂ Maxnya dalam bentuk data tertulis. Antropometri yang akan di ketahui adalah tinggi badan, berat badan, dan IMT, kemudian yang akan diketahui hanya VO₂ Max. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antropometri dan VO₂ Max peserta ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar. Setelah di ketahui hasil data antropometri dan VO₂ Max peserta estrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar maka pelatih dapat menggunakan data tersebut menjadi referensi untuk memprogram latihan berikutnya. Penelitan ini menggunakan metode survei dengan melihat langsung di lapangan. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kuantitatif dan di hitung serta di sajikan dengan data persentase. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar yang berjumlah 20 orang. Proses pengumpulan data di ambil menggunakan 3 instrumen yaitu 1) microtoice untuk mengukur tinggi badan 2) timbangan injak untuk mengukur berat badan 3) multistage untuk mengukur VO₂ Max. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa antropometri dari siswa ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar dengan rata-rata tinggi badan 1,58 m kategori “Normal”, berat badan 55,1 kg kategori “Normal”, dan IMT 22,16 kategori “Normal”, dan hasil tes daya tahan (VO₂ Max) dengan rata-rata 28,75 kategori “Kurang”. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat antropometri siswa ekstrakulikuler SMAN 1 Talun Blitar ditinjau dari hasil pengukuran tinggi badan dan berat badan termasuk dalam kategori ideal dan tingkat daya tahan VO₂ Max siswa ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar termasuk dalam kategori kurang. Saran yang dapat di berikan kepada siswa ekstrakulikuler bola voli putri SMAN 1 Talun Blitar agar tetap berlatih lebih keras untuk menjaga bentuk antropometri dan untuk meningkatkan daya tahan VO₂ Max mengingat tuntunan antropometri dan daya tahan VO₂ Max yang sangat di butuhkan dalam olahraga bola voli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87322

Actions (login required)

View Item View Item