Pengembangan permainan misteri dadu dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di TK Bhima Putra Malang / Intan Kusuma Bekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan misteri dadu dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di TK Bhima Putra Malang / Intan Kusuma Bekti

Intan Kusuma (2015) Pengembangan permainan misteri dadu dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di TK Bhima Putra Malang / Intan Kusuma Bekti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bekti Intan Kusuma. 2015. Pengembangan Permainan Misteri Dadu dalam Pembelajaran Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Kelompok A di TK Bhima Putra Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd Kata Kunci Permainan Misteri dadu konsep bilangan 1-10 aspek kognitif Media permainan misteri dadu merupakan media pembelajaran permainan mengembangkan kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan kegiatan pembelajaran kognitif di TK Bhima Putra Malang berlangsung monoton cenderung mengerjakan lembar kerja dan kurang adanya bermain. Sehingga peneliti menganjurkan permainan misteri dadu sebagai literature pada pembelajaran kognitif dengan menggunakan berbagai media. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan permainan Misteri Dadu untuk pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diadaptasi oleh model pengembangan Borg and Gall. Prosedur permainan Misteri Dadu dalam pembelajaran kognitif adalah (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) Melakukan perencanaan pengembangan permainan (3) Mengembangkan bentuk produk awal permainan dan dievaluasi oleh ahli (4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek (5) Merevisi permainan dengan hasil uji coba kelompok kecil (6) Melakukan uji coba kelompok besar terhadap 30 subjek (7) Melakukan revisi produk. Instrument yang digunakan adalah berupa kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok besar diperoleh persentase yaitu (1) 100% anak senang untuk melakukan permainan misteri dadu (2) 97 8% anak dapat melakukan setiap aktivitas sesuai aturan (3) 100% anak aman melakukan permainan misteri dadu maka produk ini tidak memerlukan revisi lagi sehingga menjadi produk akhir yang dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran yang menarik bagi anak. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diuji cobakan kepada kelompok besar dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Kesimpulan hasil observasi selama penelitian dan pengembangan permainan Misteri Dadu untuk pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 adalah dapat mengembangkan aspek agama bahasa sosial emosional fisik motorik dan seni. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan permainan tersebut sebagai salah satu pembelajaran kognitif sehingga permainan ini dapat menstimulus kecerdasan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item