Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, dan loncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang / Ratna Juwita Ayusta Anggreni

Anggreni, Ratna Juwita Ayusta (2019) Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, dan loncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang / Ratna Juwita Ayusta Anggreni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraeni, Ratna J.A. 2019. “Pengembangan Model Permainan Untuk Pembelajaran Lari, Lompat, danLoncat Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 2 Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. Kata Kunci: model permainan, pembelajaran, gerak lari, lompat, danloncat. Setelah peneliti melakukan observasi pada siswa kelas III di SDN Kebonsari 2 Malang, siswa lebih menyukai permainan dalam proses pembelajaran khususnya materi lari, lompat, danloncat. Sedangkan yang di temukan saat proses pembelajaran belum ada model permainan yang mampu menarik siswa khusunya gerak dasar lari, lompat, danloncat. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya penting dilakukan penelitian dan pengembangan tentang pembelajaran gerak lari, lompat, danloncatberbasis permainan melalui penelitian dan pengembangan dengan judul “Pengembangan Model Permainan Untuk Pembelajaran Lari, Lompat, danLoncat Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 2 Malang”. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, danloncatagar lebih menarik, menyenangkan dan mudah untuk dilakukan oleh peserta didik SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model konseptual dan prosedural. Instrumen yang digunakan berupa instrumen non tes bentuk angket dan wawancara. Jenis data yang terkumpul termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan deskriptif bentuk persentase. Hasil analisis data validasi diperoleh (1) validasi ahli permainan diperoleh hasil 81,81% (produk dinyatakan sangat valid), (2) validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 82,29% (produk dinyatakan sangat valid), (3) validasi ahli atletik diperoleh hasil 87,5% (produk dinyatakan sangat valid), dan (4) media diperoleh hasil 92,10% (produk dinyatakan sangat valid), (5) uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 85,59% (produk dinyatakan valid), (6) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 88,33% (produk dinyatakan sangat valid). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan tentang produkmodel permainan untuk pembelajaran lari, lompat, danloncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang yaitu: (1)evaluasi ahli menyatakanproduk yang dikembangkan memiliki unsur kesesuaian materi, keamanan dan kemanfaatan alat dan bahan, keefektifan serta kemenarikan permainan (2)uji coba kelompok besar, calon pengguna menyatakan produk model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, danloncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malangmemiliki unsurkemenarikan, kemudahan, keefektifan, serta tujuan permainan. (3) produk dapat membantu proses pembelajaran materi gerak lari, lompat, danloncat. Saran bagi pengembangan produk model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, danloncat adalah (1) produk tersebut dapat dilanjutkan pada penelitian uji efektifitas produk, (2) dapat digunakan pendidik sebagai alternatif pembelajaran materi gerak lari, lompat, dan loncat dalam bentuk permainan pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87237

Actions (login required)

View Item View Item