Anggreni, Ratna Juwita Ayusta (2019) Pengembangan model permainan untuk pembelajaran lari, lompat, dan loncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang / Ratna Juwita Ayusta Anggreni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Anggraeni Ratna J.A. 2019. Pengembangan Model Permainan Untuk Pembelajaran Lari Lompat danLoncat Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 2 Malang . Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci model permainan pembelajaran gerak lari lompat danloncat. Setelah peneliti melakukan observasi pada siswa kelas III di SDN Kebonsari 2 Malang siswa lebih menyukai permainan dalam proses pembelajaran khususnya materi lari lompat danloncat. Sedangkan yang di temukan saat proses pembelajaran belum ada model permainan yang mampu menarik siswa khusunya gerak dasar lari lompat danloncat. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya penting dilakukan penelitian dan pengembangan tentang pembelajaran gerak lari lompat danloncatberbasis permainan melalui penelitian dan pengembangan dengan judul Pengembangan Model Permainan Untuk Pembelajaran Lari Lompat danLoncat Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 2 Malang . Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model permainan untuk pembelajaran lari lompat danloncatagar lebih menarik menyenangkan dan mudah untuk dilakukan oleh peserta didik SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model konseptual dan prosedural. Instrumen yang digunakan berupa instrumen non tes bentuk angket dan wawancara. Jenis data yang terkumpul termasuk jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan deskriptif bentuk persentase. Hasil analisis data validasi diperoleh (1) validasi ahli permainan diperoleh hasil 81 81% (produk dinyatakan sangat valid) (2) validasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 82 29% (produk dinyatakan sangat valid) (3) validasi ahli atletik diperoleh hasil 87 5% (produk dinyatakan sangat valid) dan (4) media diperoleh hasil 92 10% (produk dinyatakan sangat valid) (5) uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 85 59% (produk dinyatakan valid) (6) uji coba kelompok besar diperoleh hasil 88 33% (produk dinyatakan sangat valid). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan tentang produkmodel permainan untuk pembelajaran lari lompat danloncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang yaitu (1)evaluasi ahli menyatakanproduk yang dikembangkan memiliki unsur kesesuaian materi keamanan dan kemanfaatan alat dan bahan keefektifan serta kemenarikan permainan (2)uji coba kelompok besar calon pengguna menyatakan produk model permainan untuk pembelajaran lari lompat danloncat pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malangmemiliki unsurkemenarikan kemudahan keefektifan serta tujuan permainan. (3) produk dapat membantu proses pembelajaran materi gerak lari lompat danloncat. Saran bagi pengembangan produk model permainan untuk pembelajaran lari lompat danloncat adalah (1) produk tersebut dapat dilanjutkan pada penelitian uji efektifitas produk (2) dapat digunakan pendidik sebagai alternatif pembelajaran materi gerak lari lompat dan loncat dalam bentuk permainan pada siswa kelas III SDN Kebonsari 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87237 |
Actions (login required)
View Item |