Agasy, Agung Rully Andre (2020) Pengaruh metode pembelajaran drill dan bermain terhadap service bawah bola voli gandu pada siswa SMP Kartika IV-9 Malang / Agung Rully Andre Agasy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Agasy Agung Rully Andre. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Service Bawah Bolavoli Gandu Pada Siswa SMP Kartika IV-9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Asim M.Pd. Kata kunci service bawah bolavoli gandu level II metode drill metode bermain. Permainan bolavoli adalah permainan tempo yang cepat sehingga waktu untuk memainkannya bola sangat terbatas dan bila tidak menguasai teknik dasar yang sempurna akan mungkin kesalahan- kesalahan teknik yang lebih besar. Permainan bolavoli memiliki peraturan permainan yang baku sehingga siswa tingkatan SMP/ SLTP mengalami kesulitan dalam bermain. Berdasarkan hasil pre test yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2019 di SMP Kartikan IV-9 Malang diketahui sejumlah siswa masih kesulitan dalam teknik dasar dan permainan bolavoli. Oleh karena itu peneliti memberikan treatment berupa permainan bolavoli gandu Level II yang merupakan hasil modifikasi permainan bolavoli yang mengkombinasikan olahraga bolavoli sepakbola dan sepak takraw serta dengan mengubah beberapa ketentuan mulai dari jumlah pemain ukuran lapangan tinggi net berat dan ukuran bola yang digunakan melalui metode drill dan metode bermain untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar bolavoli yaitu service bawah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest Design dengan pemilihan kelompok secara acak. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Kartika IV-9 Malang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kinerja service bawah. Analisis data menggunakan teknik analisis variasi satu jalur (one way anova) dengan taraf signifikan 0 05. Berdasarkan uji Anava satu arah (One Way Anova) dengan 945 0 05 diperoleh hasil sebagai berikut (1) Kelompok pembelajaran metode drill diperoleh Sig (p) 0 003 0 05 maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar service bawah bolavoli gandu level II. (2) Kelompok pembelajaran metode bermain diperoleh Sig (p) 0 006 0 05 maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar service bawah bolavoli gandu level II (3) Kemudian dari uji hipotesis data metode pembelajaran bermain dan metode pembelajaran Drill diperoleh Sig (p) 0 004 0 05 Hasil belajar service bawah metode pembelajaran Drill lebih baik dari pada hasil belajar service bawah metode pembelajaran bermain. Berdasarkan hasil eksperimen diketahui bahwa metode pembelajaran Drill lebih baik dari pada metode pembelajaran bermain dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan service bawah siswa kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang. Berdasarkan simpulan yang dihasilkan maka disarankan metode pembelajaran drill dapat dijadikan model latihan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan service bawah bolavoli gandu level II pada siswa kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87232 |
Actions (login required)
View Item |