Survei tingkat persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan / Mukhammad Fitron

Fitron (2020) Survei tingkat persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan / Mukhammad Fitron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitron, Mukhammad. 2019. Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Mu’arifin, M.Pd. Kata Kunci: persepsi, konsep pendidikan jasmani, SMA Hasil observasi melalui wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti dengan Bapak Ahmad Fuad, S.Pd., M.Pd.I, selaku ketua MGMP mata pelajaran PJOK di Kabupaten Pasuruan, menyatakan bahwa belum ada penelitian tentang tingkat persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan. Selain itu, pengamatan yang dilakukan oleh peneliti waktu proses pembelajaran di SMAN 1 Kejayan, beberapa siswa banyak yang belum mengerti terhadap konsep pendidikan jasmani, hal itu terlihat dari proses pembelajaran berlangsung siswa banyak yang tidak antusias mengikuti proses pembelajaran, siswa yang banyak duduk melihat temannya mengikuti proses pembelajaraan, terutama siswi perempuan. Selanjutnya juga ada beberpa siswa yang tidak menggunakan kaos olahraga. Untuk itu penelitian ini perlu dilakukan untuk mengkaji tingkat persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan, untuk mengkaji perbedaan persepsi siswa kelas X dan siswa kelas XI, dan untuk mengkaji perbedaan persepsi siswa laki dan perempuan terhadap konsep pendidikan jasmani. Rancangan penelitian ini mengunakan jenis peneltian deskritif kuantitatif dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner. Teknik analis data pada peneltian ini mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Anlisis data kuantitif diperoleh dari hasil siswa mengisi kuisoner dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil pengisian kuisoner persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan diperoleh 85,76%. Perbedaan persepsi siswa terhadap konsep pendidikan jasmani kelas X dan kelas XI dengan hasil perhitungan didapat nilai signifikan 0,003 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara peserta didik kelas X dengan peserta didik kelas XI. Dan perbandingan antara siswa laki-laki dengan siswi perempuan didapat nilai signifikan 0,003 dengan taraf signifikansi < 0,05 artinya hipotesis terima dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara peserta didik laki-laki dengan perempuan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat persepsi siswa di SMA Negeri Kabupaten Pasuruan tergolong sangat baik, yang di dalamnya terdapat perbedaan antara siswa kelas X dan Kelas XI dan perbedaan antara siswa laki-laki dengan siswi perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87230

Actions (login required)

View Item View Item