Pamungkas, Ibnu Aji (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk aktifitas kesegaran jasmani siswa kelas X perhotelan 3 SMKN 1 Batu / Ibnu Aji Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Pamungkas Ibnu Aji. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa Kelas X Perhotelan 3 SMKN 1 BATU Skripsi Jurusan Pendidikan Jasamani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran mobile learning kebugaran jasmani Penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran berfungsi sebagai sarana penunjang belajar siswa yang lebih praktis dan efisien. Adapun penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena kurangnya inovasi media dan sumber belajar khususnya pada pembelajaran kesegaran jasmani. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi dan hasil analisis kebutuhan atau need assessment yang telah dilakukan peneliti. Media pembelajaran kebugaran jasmani berbasis mobile learning merupakan suatu pengembangan media pembelajaran berdasarkan potensi masalah yang sesuai dengan yang ada dilapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kebugaran jasmani berbasis mobile learning dan meningkatkan pengetahuan siswa serta pemahaman materi maupun teknik-teknik dalam kebugaran jasmani dengan menggunakan multimedia interaktif pada siswa. Selain itu dengan adanya aplikasi ini diharapkan siswa merasa tertarik dengan inovasi pada media pembelajaran mobile learning khususnya pada materi kebugaran jasmani. Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan milik Darmawan (2011 60) dengan subjek sebanyak 36 siswa dari jurusan Perhotelan 3 SMKN 1 Batu. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif berupa angket. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Adapun analisis data berupa deskriptif persentase menggunakan metode dari (Sudjana.2002 50) sehingga data dapat dikonversi menjadi persentase yang dapat dikonversikan menjadi nilai. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu hasil validasi ahli pembelajaran kebugaran jasmani memperoleh persentase sebesar 100% hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 96%. Selanjutnya uji coba produk pada 36 siswa dengan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 90 yaitu amat baik . Uji efektifitas dan efisien kepada 36 siswa dengan nilai uji efektif pertama sebesar 77 dan uji efisiensi dengan rata-rata waktu 32 menit dengan kriteria kurang. Selanjutnya diadakan kembali pengujian kedua dengan hasil uji efektif sebesar 86 dan uji efisensi dengan rata-rata waktu 29 menit data tersebut menunjukan kriteria amat baik. Pengambilan nilai data daya tarik kepada 36 siswa mendapatkan hasil berupa rata-rata sebesar 83 dengan kriteria sangat baik dan dinyatakan menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis mobile learning ini memiliki manfaat bagi siswa dilihat dari beberapa aspek yaitu efisiensi efektifitas dan daya tarik bagi siswa dan layak dijadikan bahan belajar siswa dan bahan ajar guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87229 |
Actions (login required)
View Item |