Efektifitas waktu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di UPT SD Negeri Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Windah Tri Lestari

Lestari, Windah Tri (2020) Efektifitas waktu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di UPT SD Negeri Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Windah Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Windah Tri. 2019. Efektifitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di UPT SD Negeri Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd. Kata kunci: efektifitas, waktu pembelajaran Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya ketidaksesuaian waktu yang terdapat di rencana pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran di lapangan. Hal tersebut disebabkan oleh peserta didik yang datang terlambat, lamanya waktu untuk menyiapkan sarana dan prasarana, serta jam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang terpotong oleh mata pelajaran lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas waktu pembelajaran PJOK yang dilakukan di UPT SD Negeri Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei, selain itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pendekatan deskriptif bertujuan untuk mengetahui dan menilai efektifitas waktu yang digunakan dalam pembelajaran PJOK pada UPT SD Negeri Sukosewu. Metode kuantitatif bertujuan untuk mengetahui efektifitas waktu yang digunakan saat pembelajaran PJOK. Hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di UPT SD Negeri Sukosewu kurang efektif dengan waktu 99 menit (71%). Dengan kata lain, bahwa penggunaan waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Menurut penilaian pedoman guru kegiatan inti dan penutup sebaiknta tidak dikurangi 11% dari total waktu pembelajaran 140 menit dengan kisaran waktu 15 menit. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata dari ketiga guru PJOK dengan total waktu 99 menit (71%). Berdasarkan hasil penelitian, guru PJOK menggunakan waktu pembelajaran dengan rata-rata kegiatan pendahuluan 16 menit (11%), kegiatan inti 70 menit (50%), dan kegiatan penutup 13 menit (9%). Pada pembelajaran tersebut guru terlalu sedikit menggunakan waktu pada kegiatan inti dan penutup. Kesimpulan dari penelitian ini, adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di UPT SD Negeri Sukosewu kurang efektif dalam setiap tahap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87227

Actions (login required)

View Item View Item