Survei kemampuan kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang / Fani Alfaridhi

Alfaridhi, Fani (2020) Survei kemampuan kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang / Fani Alfaridhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfaridhi, Fani. 2019. Survei Kemampuan Kondisi Fisik Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. Kata Kunci: Kondisi fisik, ekstrakurikuler, sepakbola Kegiatan ekstrakurikuler olahraga diselenggarakan di SMP Negeri 15 Malang. Pada waktu pelaksanaan kegiatan olahraga saat melakukan aktivitas bermain dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta kegiatan ketika berlatih unjuk kerja yang dilakukan kurang optimal, seharusnya keadaan kondisi fisik pada waktu bermain kondisinya kurang optimal. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian. kegiatan ektrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan dalam mengembangkan aspek-aspek tertentu dari apa yang ditemukan pada kurikulum yang sedang dijalankan, termasuk yang berhubungan dengan bagaimana penerapan sesungguhnya dari ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tuntutan kebutuhan hidup mereka maupun lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji kemampuan kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan survei bentuk deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 30 orang peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan kelincahan shuttle run, kecepatan lari 50 m, kelentukan sit and reach dan daya ledak otot tungkai standing board jump. Sedangkan non tes dilakukan dalam bentuk wawancara kepada pelatih ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran bentuk tes yaitu tes kemampuan kondisi fisik berupa tes kelincahan gerak, kecepatan gerak, kelentukan gerak dan daya ledak otot tungkai. Hasil analisis data pada peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang antara lain (1) kelincahan shuttle run 43,3% kategori sedang (2) kecepatan lari 50 m 5,33% kategori sedang (3) kelentukan tubuh sit and reach 43,3% kategori sedang dan (4) daya ledak otot tungkai standing board jump 33,3% kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 15 Malang kemampuan kondisi fisik unsur kelincahan termasuk kategori “sedang”, unsur kecepatan lari termasuk kategori “sedang”, unsur kelentukan termasuk kategori “sedang”, dan unsur daya ledak otot tungkai termasuk kategori “sedang”. Peneliti menyarankan kepada peserta kegiatan ekstrakurikuler untuk melakukan latihan fisik secara rutin dan terprogram agar kemampuan kondisi fisik yang dimiliki dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87226

Actions (login required)

View Item View Item