Pengaruh pembelajaran permainan bola voli gandu level II dan bola voli mini terhadap hasil belajar keterampilan service bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Situbondo / Riskyatul Amaliyah

Amaliyah, Riskyatul (2019) Pengaruh pembelajaran permainan bola voli gandu level II dan bola voli mini terhadap hasil belajar keterampilan service bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Situbondo / Riskyatul Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amaliyah, Riskyatul. 2019. Perbandingan Pengaruh Latihan Bolavoli Gandu Level II dan Bolavoli Mini Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Service Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd. Kata Kunci: bolavoli gandu level II, bolavoli mini, service bawah. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik dasar bolavoli tidak sedikit masalah yang dihadapi oleh guru pendidikan jasmani dan kesehatan yang ada di SMP Negeri 3 Situbondo. Dari wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa teknik dasar yang sulit adalah teknik dasar service. Service juga sangat penting untuk memulai suatu permainan bolavoli. Maka dari itu perlu adanya solusi agar dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan service bawah bolavoli. Pada penelitian ini peneliti memilih permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini guna meningkatkan keterampilan service bawah siswa, karena dalam kedua permainan ini siswa akan lebih sering bersentuhan dengan bola dan memvoli bola. Tujuan dari penelitian ini membandingkan pengaruh pembelajaran permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar keterampilan service bawah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Situbondo. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen “Two Group Prettes-Posttest Design” dengan pemilihan kelompok secara acak. Variabel terikat dari penelitian ini adalah service bawah bolavoli dengan variabel bebas yaitu permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode demonstrasi dan bermain. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava satu arah (one way anova) dengan taraf signifikasi 0,05 dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji levene. Pengolahan data dibantu menggunakan SPSS for Windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji anava satu jalur (one way anova) pada kelompok bolavoli gandu level II dan kelompok bolavoli mini memiliki taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dari rata-rata skor posttest keterampilan service bawah bolavoli yaitu 103, dan pada kelompok bolavoli mini memiliki rata-rata skor posttest sebesar 97,25 menunjukan adanya perbedaan hasil belajar keterampilan service bawah bolavoli. Dari nilai rata-rata skor preetest 63,06 dan posttest 106 untuk kelompok bolavoli gandu level II dan pada kelompok bolavoli mini memiliki rata-rata skor pretest sebesar 62,88 dan postest sebesar 97,62 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bolavoli gandu level II lebih baik dari pada pembelajaran permainan bolavoli mini terhadap hasil belajar keterampilan service bawah bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 3 Situbondo. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis adalah adanya pengaruh dari permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar service bawah bolavoli, sehingga diharapkan kedua permainan tersebut dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli dan dapat dijadikan rujukan tambahan dan bahan untuk dikembangkan dalam bentuk penelitian lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87222

Actions (login required)

View Item View Item