Studi komparatif tingkat VO2Maks atlet usia U-21 cabang olahraga atletik dan renang di Kota Malang / Rofi'ul Abrori

Abrori, Rofi'ul (2020) Studi komparatif tingkat VO2Maks atlet usia U-21 cabang olahraga atletik dan renang di Kota Malang / Rofi'ul Abrori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abrori, Rofi’ul. 2019. Studi Komparatif Tingkat maks Atlet U-21 Cabang Olahraga Atletik dan Renang di Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd. Kata Kunci: maks, atletik, renang, studi komparatif. Daya tahan kardiovaskuler merupakan salah satu hal penting yang harus ditingkatkan oleh atlet, terutama di nomor multi even seperti atletik dan renang yang merupakan cabang olahraga unggulan di Kota Malang. Dengan memiliki tingkat maks yang bagus, seorang atlet bisa menyelesaikan program berat yang diberikan, pemulihan yang cepat dan terhindar dari cedera yang serius saat latihan atau lomba. Oleh sebab itu perlunya pengukuran dan evalusi terkait tingkat maks atlet u-21 cabang olahraga atletik dan renang di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) tingkat maks atlet u-21 cabang olahraga atletik di Kota Malang, (2) tingkat maks atlet u-21 cabang olahraga renang di Kota Malang, (3) perbedaan tingkat maks atlet usia u-21 cabang olahraga atletik dan renang di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian satu arah. Subjek dari penelitian ini adalah atlet usia u-21 cabang olahraga atletik yang berjumlah 16 orang, 8 putra dan 8 putri. Atlet usia u-21 cabang olahraga renang yang berjumlah 11 orang, 6 putri dan 5 putra. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa: (1) atlet putra u-21 cabang olahraga atletik memiliki rata-rata tingkat maks kurang dengan rata-rata 49,77 ml/kg/min dan atlet putri u-21 memiliki rata-rata tingkat maks kurang dengan rata-rata 43,00 ml/kg/min (2) atlet putra u-21 cabang olahraga renang memiliki rata-rata tingkat maks kurang dengan rata-rata 47,77 ml/kg/min dan atlet putri u-21 memiliki rata-rata tingkat maks kurang dengan rata-rata 35,69 ml/kg/min , (3) perbandingan tingkat maks atlet putra usia u-21 cabang olahraga atletik dan renang di Kota Malang ( Sig. = 0,501 > &#945; = 0,05) maka tidak ada perbedaan rata-rata tingkat maks yang signifikan, (4) perbandingan tingkat maks atlet putri usia u-21 cabang olahraga atletik dan renang di Kota Malang (Sig. = 0,005 < &#945; = 0,05) maka terdapat perbedaan rata-rata tingkat maks yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa atlet atletik dan renang di Kota Malang memiliki tingkat maks cukup. Disarankan untuk atlet dapat menjaga dan meningkatkan maks sebagai modal penting latihan dan perlombaan, bagi pelatih PASI dan PRSI serta KONI Kota Malang hendaknya melakukan monitoring dan mengevaluasi kondisi fisik atlet terutama maks dalam rangka menghadapi PORPROV yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87220

Actions (login required)

View Item View Item