Kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulu tangkis di MTs Negeri 2 Kota Malang / Ilham Tyas Wijaksono

Wijaksono, Ilham Tyas (2020) Kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulu tangkis di MTs Negeri 2 Kota Malang / Ilham Tyas Wijaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wijaksono, Ilham Tyas. 2020. Kondisi Fisik Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang. Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. Kata Kunci : kondisi fisik, ekstrakurikuler, bulutangkis Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di MTS Negeri 2 Kota Malang hanya diberi latihan teknik dan taktik dalam bermain padahal permainan bulutangkis seorang pemain harus memiliki kemampuan kondisi yang bagus terutama pada unsur kecepatan, kelincahan, dan daya ledak, bahkan selama proses kegiatan tidak pernah dilakukan tes kondisi fisik sebelumnya sehingga pelatih tidak memiliki bukti dasar untuk mengetahui tingkat kondisi fisik para peserta kegiatan ekstrakurikuler. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengkaji kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan memperoleh informasi tentang kondisi fisik unsur kecepatan (speed), kelincahan (agility), dan daya ledak (power) peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan survei bentuk deskriptif dengan teknik analisis data statistika deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 60 peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang dengan menggunakan instrument tes sprint 10 meter, t-test, shuttle run, lempar bola tanpa awalan dan vertical jump. Pengumpulan data termasuk jenis data rasio dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif kuantitatif berupa mean, modus, standar deviasi, variasi dan koefisisen variasi. Hasil analisis data peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang untuk kelompok putra pada semua butir tes sprint 10 meter, t-test, shuttle run, lempar bola tanpa awalan dan vertical jump berada pada kategori “baik”. Sedangkan untuk kelompok putri pada butir tes sprint 10 meter dan tes shuttle run berada di kategori “cukup” dan untuk butir tes t-test, lempar bola tanpa awalan, dan vertical jump berada pada kategori “baik”. Kesimpulan dari penelititan ini yaitu, bahwa keadaan kondisi fisik peserta kegiatan ekstrakurikuler olahraga bulutangkis di MTS Negeri 2 Kota Malang kelompok putra dominan berada dalam kategori baik dan kelompok putri khususnya pada tes sprint 10 meter, dan tes shuttle run berada dalam kategori cukup dan masih perlu ditingkatkan dengan cara melakukan sprint jarak pendek, latihan shuttle run dan latihan ladder drill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87219

Actions (login required)

View Item View Item