Survei gerak dasar lokomotor dan manipulatif siswa kelas IV SD Negeri Andonosari 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Abdul Rohman Mashudi

Mashudi, Abdul Rohman (2020) Survei gerak dasar lokomotor dan manipulatif siswa kelas IV SD Negeri Andonosari 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Abdul Rohman Mashudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mashudi, Abdul Rohman. 2019. Survei Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Siswa kelas VI SD Negeri Andonosari 1 Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Skripsi: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Kata Kunci: Gerak Lokomotor dan Manipulatif, Gerak Dasar Gerak lokomotor dan manipulatif sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai keterampilan gerak teknik dasar dalam berolahraga. Di SD Negeri Andonosari 1 kelas IV masih belum berhasil dalam melakukan pembelajaran gerak lokomotor dan manipulatif. Oleh karena itu peneliti telah melakukan penelitian tentang masalah survei gerak dasar lokomotor dan manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan gerak dasar lokomotor dan manipulatif siswa melalui tes lari 30 meter, loncat jauh tanpa awalan, loncat tegak, lempar tangkap bola dan lempar bola ke gawang menggunakan sasaran. Penelitian ini menggunakan rancangan survei. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran bentuk tes fisik. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Variabel yang diteliti berupa kemampuan gerak dasar lokomotor dan manipulatif. Jumlah populasi dan sampel yang akan diteliti 17 orang siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kemampuan gerak dasar lokomotor menggunakan tes lari 30 meter berada pada kategori baik berjumlah 12 siswa dan kategori tidak baik 0 (tidak ada siswa). Kemampuan gerak loncat jauh tanpa awalan berada pada kategori baik sekali berjumlah 17 siswa dan kategori tidak baik 0 (tidak ada siswa) dan kemampuan gerak loncat tegak (vertical jump) berada pada kategori sedang dan kurang baik berjumlah 14 siswa dan kategori tidak baik berjumlah 1 siswa. Sedangkan kemampuan gerak manipulatif menggunakan tes lempar tangkap berada pada kategori baik sekali berjumlah 0 (tidak ada siswa) dan kategori tidak baik berjumlah 17 siswa. Kemampuan lempar bola ke gawang menggunakan sasaran berada pada kategori sedang sebesar berjumlah 10 siswa dan kategori tidak baik 0 (tidak ada siswa). Kesimpulan dari hasil penelitian (1) kemampuan gerak lari 30 meter berada pada kategori baik 71%, kemampuan gerak loncat jauh tanpa awalan berada pada kategori baik sekali 100%, kemampuan loncat tegak berada pada kategori sedang 41%. (2) kemampuan gerak lempar tangkap bola berada pada kategori tidak baik 100% dan kemampuan gerak lempar bola ke gawang menggunakan sasaran berada pada kategori sedang 59%. Peneliti menyarankan hasil tes ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi para guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran khususnya pada perkembangan gerak dasar lokomotor dan manipulatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87218

Actions (login required)

View Item View Item