Pengembangan bahan ajar pencak silat untuk materi seni jurus tunggal bagi ekstrakulikuler di SDN Klojen Kota Malang / Rodhiya Islamiyah

Islamiyah, Rodhiya (2020) Pengembangan bahan ajar pencak silat untuk materi seni jurus tunggal bagi ekstrakulikuler di SDN Klojen Kota Malang / Rodhiya Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Islamiyah, Rodhiya. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Pencak Silat Untuk Materi Seni Jurus Tunggal Bagi Ekstrakurikuler Di SDN Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eko Hariyanto, M.Pd Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, seni Jurus Tunggal, Pencak Silat Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran ekstrakurikuler Pencak Silat di Sekolah Dasar Negeri Klojen Kota Malang, diperoleh data dari hasil analisis kebutuhan: 1) 90% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran seni jurus tunggal yang diberikan pendidik sulit untuk dilakukan, 2) 88,33% peserta didik menyatakan metode yang digunakan pendidik dalam memberikan materi bela diri pencak silat dengan cara demonstrasi (praktik), 3) 100% peserta didik menyatakan tidak mengetahui bahan ajar audio visual, 4 ) 100% peserta didik menyatakan sangat setuju materi seni jurus tunggal dikembangkan melalui video dan dikemas dalam bentuk audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dan mempermudah peserta didik dalam mempelajari gerakan seni jurus tunggal secara bertahap dengan mengedepankan teknik yang benar menggunakan media audio visual yang berisi tentang pembelajaran seni jurus tunggal pencak silat. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian pengembangan bahan ajar ini adalah penelitian pengembangan dari Lee & Owens yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) melakukan analisis awal dan akhir, (3) melakukan desain produk, (4)pengembangan produk, (5) pelaksanaan, (6) evaluasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik ekstrakurikuler pencak silat di SDN Klojen sebanyak 60 peserta didik. Jenis data yang digunakan penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data kualitatif diperoleh dari tinjauan para ahli. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data persentase. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran diperoleh tingkat validitas 92,5% kemudian dari ahli pencak silat diperoleh tingkat validitas 85,86% sedangkan dari ahli pembelajaran diperoleh tingkat validitas 93,75%. Berdasarkan hasil uji coba (kelompok kecil) pada 10 subjek diperoleh tingkat validitas 85,5% yang tergolong dalam kriteria kualitas produk sangat baik. Dari hasil uji coba lapangan (kelompok besar) pada 30 subjek diperoleh tingkat validitas sebesar 91,02% dengan kategori produk sangat baik. Produk dihasilkan dari penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai media untuk belajar seni jurus tunggal pencak silat di Sekolah Dasar Negeri Klojen Kota Malang. Agar produk ini dapat digunakan di kalangan yang lebih luas maka perlu dilakukan evaluasi dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan. Karena produk yang dihasilkan peneliti hanya sebatas dan tersusun sebagai sebuah produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87217

Actions (login required)

View Item View Item