Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan tolak peluru gaya ortodoks melalui metode bermain kelas VIII C di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek / Ajeng Indah Setyo Utami

Utami, Ajeng Indah Setyo (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan tolak peluru gaya ortodoks melalui metode bermain kelas VIII C di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek / Ajeng Indah Setyo Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utami,Ajeng Indah Setyo. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodok’s Melalui Metode Bermain Kelas VIII C di SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggalek, Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, keterampilan tolak peluru, metode bermain Peranan guru dalam proses pembelajaran PJOK menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan model permainan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar, bukan hanya dari satu sumber yakni guru, melainkan memberikan kesempatan kepada subjek belajar untuk megembangkan kognitif dengan lebih baik, kreatif, dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Tolak Peluru gaya ortodok’s Melalui Metode bermain kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020. Ditinjau dari Guru pendidikan jasmani dalam menerapkan pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks masih menggunakan sarana prasarana yang ada, menggunakan metode pembelajaran demontrasi secara mandiri dan hasil pembelajaran keterampilan tolak peluru gaya ortodoks pada kelas VIII C di SMP Negeri 1 Durenan tergolong rendah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan subjek penelitian sejumlah 30 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kab Trenggalek Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan wawancara. Hasil tes pada siklus I pertemuan ke 3 dan siklus II pertemuan ke 3, pada teknik memegang peluru 75,86% menjadi 93,10%, awalan pelaksanaan 74,71% menjadi 93,10%, sikap pelaksanaan 59,77% menjadi 90,80%, dan sikap akhir 73,56% menjadi 91,95%. Pada siklus I tingkat keberhasilan 68,18% Kemudian pada siklus II menjadi 89,09%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan tolak peluru gaya ortodok’s pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kab Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87214

Actions (login required)

View Item View Item