Hubungan antara kecepatan, kelincahan, dan koordinasi dengan keterampilan dribbling siswa akademi arema U-14 / M. Faris Andriansyah

Andriansyah, M. Faris (2020) Hubungan antara kecepatan, kelincahan, dan koordinasi dengan keterampilan dribbling siswa akademi arema U-14 / M. Faris Andriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andriansyah, M. Faris. 2019. Hubungan Antara Kecepatan, Kelincahan dan Koordinasi dengan Keterampilan Dribbling Siswa Akademi Arema U-14. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. M. E. Winarno, M. Pd. Kata kunci: kecepatan, kelincahan, koordinasi, keterampilan dribbling. Sepakbola merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim untuk memperoleh kemenangan. Untuk memenangkan sebuah pertandingan pemain harus menguasai fisik, teknik, taktik, dan mental. Namun secara umum fisik dan teknik merupakan elemen dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain sepakbola. Teknik dasar permainan sepakbola yang harus dikuasai salah satunya adalah keterampilan menggiring bola, dan unsur kondisi fisik yang mempengaruhi keterampilan menggiring bola adalah unsur kecepatan, kelincahan dan koordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan hubungan antara kecepatan, kelincahan dan koordinasi dengan keterampilan dribbling siswa Akademi Arema U-14. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan tiga variabel bebas yaitu kecepatan (X1), kelincahan (X2) dan koordinasi (X3) dan satu variabel terikat yaitu keterampilan dribbling (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Akademi Arema U-14 berjumlah 30 siswa. Analisis data dimulai dari uji persyaratan analisis yakni uji normalitas dan uji linieritas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda dengan menggunakan korelasi product moment, uji regresi ganda dan mencari sumbangan relatif dan sumbangan efektif tiap varibel bebas dengan variabel terikat. Hasil analisi data antara lain; 1) kecepatan dengan keterampilan dribbling diperoleh hasil rhitung (0,233) < rtabel (0,361), 2) kelincahan dengan keterampilan dribbling diperoleh hasil rhitung (0,326) < rtabel (0,361), 3) koordinasi dengan keterampilan dribbling diperoleh hasil rhitung (0,318) < rtabel (0,361), dan 4) kecepatan, kelincahan dan koordinasi dengan keterampilan dribbling Ry.x1x2x3 (0,507) > rtabel (0,361). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1) tidak ada hubungan antara kecepatan dengan keterampilan dribbling, 2) tidak ada hubungan antara kelincahan dengan keterampilan dribbling, 3) tidak ada hubungan antara koordinasi dengan keterampilan dribbling, dan 4) ada hubungan antara kecepatan, kelincahan dan koordinasi dengan keterampilan dribbling. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada siswa Akademi Arema U-14 menyatakan bahwa 12 siswa dari 30 siswa Akademi Arema U-14 merupakan siswa baru dan bukan berasal dari sekolah sepakbola, sedangkan 8 siswa diantaranya tidak pernah menambah waktu latihan. Jadi kesimpulan dari tidak adanya hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat adalah kurangnya frekuensi latihan dan rendahnya keterampilan dribbling siswa Akademi Arema U-14

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87204

Actions (login required)

View Item View Item