Wulandari, Anita (2020) Survei tingkat kesegaran jasmani siswa tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa - B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang / Anita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wulandari Anita. 2019. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata kunci kesegaran jasmani siswa tunarungu Kesegaran jasmani seorang siswa sangat dibutuhkan dalam mendukung pembelajaran siswa di sekolah. Sama halnya dengan siswa normal siswa dengan berkebutuhan khusus pun juga perlu diperhatikan tingkat kesegaran jasmani mereka. Siswa dengan ketunaan pendengaran atau tunarungu adalah siswa yang dari segi fisik tidak memiliki keterhambatan apapun hanya memiliki keterhambatan dalam segi bahasa. Oleh karena memiliki keterhambatan dalam segi bahasa siswa tunarungu sering banyak duduk dan kurang melakukan aktivitas gerak. Dalam pengamatan peneliti saat pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah siswa tunarungu SMPLB-B YPTB Malang setelah melakukan pembelajaran selama 40 menit terlihat lelah dan kurang fokus menerima instruksi dari guru. Ketika materi inti selesai dan guru memberikan instruksi untuk bermain bebas beberapa siswa tunarungu duduk dan tidak mengikuti instruksi guru untuk bergerak dan bermain. Berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan peneliti tersebut peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana tingkat kesegaran jasmani siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan survei. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dengan rincian 12 siswa kelas VII 2 siswa kelas VIII dan 9 siswa kelas IX. Instrumen tes yang digunakan adalah tes TKJI 2010 Usia 13-15 Tahun dan tes TKJI 2010 Usia 16-19 Tahun. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani siswa di SMPLB-B YPTB Malang secara keseluruhan untuk kelas VII dan VII (usia 13-15 tahun) baik sekali 0% (0 siswa) baik 0% (0 siswa) sedang 7% (1 siswa) kurang 57% (8 siswa) dan kurang sekali 36% (5 siswa). Sedangkan untuk hasil penelitian tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IX (usia 16-19 tahun) di SMPLB-B YPTB Malang secara keseluruhan yaitu baik sekali 0% (0 siswa) baik 0% (0 siswa) sedang 22% (1 siswa) kurang 22% (2 siswa) dan kurang sekali 67% (6 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang baik dari kelas VII dan VIII yang masuk usia 13-15 tahun serta kelas IX yang termasuk usia 16-19 tahun masih berada pada taraf yang rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh tiga faktor (1) siswa tunarungu tidak rutin melakukan olahraga di luar jam sekolah (2) peran mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah belum optimal (3) tidak adanya seorang guru pendidikan jasmani khusus yang menangani mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPLB-B YPTB Malang. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah perlu adanya perhatian yang lebih terhadap kesegaran jasmani siswa tunarungu dengan mengoptimalkan peran mata pelajaran pendidikan jasmani serta peran seorang pendidik khusus pendidikan jasmani di SMPLB-B YPTB Malang. Selain itu perlu adanya penelitian lanjutan tentang siswa tunarungu agar menambah rujukan penelitian tentang siswa tunarungu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87203 |
Actions (login required)
View Item |