Setyowati, Susi (2019) Upaya penerapan metode bermain untuk meningkatkan hasil belajar gerak passing bawah bola voli peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Batu / Susi Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Setyowati Susi. 2019. Upaya Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Bolavoli Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. Kata Kunci hasil belajar gerak passing bawah bolavoli metode bermain. Hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 13 September 2018 diambil peneliti dari hasil tes passing bawah bolavoli yaitu peserta didik melakukan tes passing bawah dengan memantulkan bola ke tembok selama 2x30 detik. Terdapat 3 penilaian yang diambil yaitu a) sikap persiapan b) sikap perkenaan c) sikap akhir. Dari hasil pengamatan observasi awal peneliti menemukan bahwa (1) 38% tingkat keterampilan peserta didik melakukan passing bawah pada variabel sikap persiapan dengan indikator kurang (2) 34% tingkat keterampilan peserta didik melakukan passing bawah pada variabel sikap persiapan dengan indikator kurang (3) 73% tingkat keterampilan peserta didik melakukan passing bawah pada variabel sikap akhir dengan indikator baik. Selain itu berdasarkan hasil pengamatan ketika melaksanakan KPL di SMA Negeri 1 Batu diamati bahwa kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia dalam mendukung proses pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak passing bawah bolavoli dengan penerapan metode bermain pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan selama dua siklus menggunakan teknik tes psikomototik observasi dokumentasi dan kuisioner. Analisis yang digunakan yakni analisis data kualitatif berupa 1) reduksi data 2) penyajian data 3) verifikasi data serta analisis data kuantitatif yang dipaparkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil refleksi peneliti dengan pendidik diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terjadi peningkatan hasil belajar gerak passing bawah bolavoli pada saat observasi awal hingga siklus II yakni dari variabel sikap persiapan semula 38% menjadi 75% variabel sikap perkenaan 34% menjadi 74% dan variabel sikap akhir 73% menjadi 96%. Secara keseluruhan terjadi peningkatan sebesar 81 9% dibandingkan pada observasi awal yaitu 48 4%. Terjadi peningkatan hasil belajar gerak passing bawah bolavoli dari observasi awal ke siklus 1 sebesar 18% dan dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 16%. Maka dari itu penelitian ini berakhir pada siklus 2 karena tujuan dari penelitian ini telah tercapai. Sebaiknya pihak sekolah memperbaiki prasarana yang mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan selain itu diharapkan pendidik menggunakan penerapan metode bermain dalam pembelajaran agar peserta didik lebih antusias termotivasi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87200 |
Actions (login required)
View Item |