Efektivitas waktu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs Negeri 2 Kediri / Moh. Zuswiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas waktu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs Negeri 2 Kediri / Moh. Zuswiadi

Zuswiadi, Moh. (2019) Efektivitas waktu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs Negeri 2 Kediri / Moh. Zuswiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zuswiadi Moh. 2019. Efektivitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTsN 2 Kediri. Skripsi . Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd. Kata Kunci efektivitas waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Penelitan ini dilakukan karena ditemukannya ketidaksesuaian waktu yang terdapat di rencana pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran di lapangan. Hal tersebut disebabkan oleh peserta didik yang datang terlambat lamanya waktu untuk menyiapkan sarana dan prasarana serta jam pelajaran Pendidikan Jasmani yang terpotong oleh mata pelajaran lainnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas waktu pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang bertempat di MTsN 2 Kediri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei. Pengambilan data diperoleh dari observasi lapangan. Subjek yang digunakan pada penelitian ini ialah guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang berjumlah tiga orang. Hasil dari penelitian ini bahwa efektifitas waktu pembelajaran PJOK belum efektif hal tersebut dapat dilihat dengan rata-rata waktu yang digunakan sebesar 97 menit (81%) rata-rata tersebut menunjukkan dalam kategori baik sekali. Namun sistematika efektifitas pembelajaran pada masing-masing kegiatan pembelajaran masih belum efektif. Hasil rata-rata pada kegiatan pendahuluan dengan total 15 menit (13%) kegiatan inti sebesar 68 menit (57%) sedangkan kegiatan penutup sebesar 14 menit (12%). Menurut kriteria penilaian kinerja guru efektifitas waktu pada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup masih melebihi waktu yang telah ditentukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dimulainya pembelajaran dengan waktu yang tepat memperhitungkan penggunaan waktu dan memodifikasi model pembelajaran pada kegiatan inti agar pembelajaran lebih efektif serta dapat meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87199

Actions (login required)

View Item View Item