Pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang / Johan Christianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang / Johan Christianto

Christianto, Johan (2019) Pengembangan media pembelajaran cricket berbasis mobile learning pada tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang / Johan Christianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Christianto Johan. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Jasamani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran mobile learning olahraga Cricket Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena kurangnya media dan sumber belajar khususnya pada olahraga cricket. Hal ini dibuat dari hasil observasi dan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan. Media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning merupakan suatu pengembangan media pembelajaran berdasarkan potensi masalah yang sesuai dengan yang ada dilapangan sehingga dikembangkan sebuah media pembelajaran ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan materi maupun teknik dasar olahraga cricket dengan menggunakan multimedia interaktif pada mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan milik Darmawan (2014 60). Dengan tahapan sebagai berikut 1) analisis kebutuhan pembelajaran dan analisis kurikulum 2) identifikasi program meliputi judul tujuan materi dan sasaran 3) membuat flow chart 4) membuat story board 5) mengumpulkan bahan meliputi teks gambar audio dan video 6) pemrograman yaitu menggabungkan seluruh bahan teks gambar audio dan video 7) finishing meliputi uji coba pemrograman dan revisi. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning didapatkan dari hasil validasi ahli pembelajaran olahraga cricket dan memperoleh rata-rata hasil persentase sebesar 92%. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata hasil 96%. Kemudian uji coba produk dilakukan pada mahasiswa yang tergabung dalam tim olahraga cricket dari berbagai macam fakultas dan jurusan di Universitas Negeri Malang dengan jumlah 28 mahasiswa dengan rata-rata hasil 89%. Kemudian dilakukan uji efektifitas efisiensi dan daya tarik kepada 30 orang mahasiswa dengan nilai uji efektifitas pertama sebesar 78 4% dan uji efisiensi pertama dengan rata-rata waktu 42 menit. Kemudian dalam pengujian tersebut nilai kriteria yang didapat masih dalam kriteria nilai yang kurang lalu diadakan kembali pengujian kedua dengan data yang diperoleh yaitu uji efektifitas kedua sebesar 84% dan uji efisensi dengan rata-rata waktu 43 menit. Rata-rata data yang diperoleh untuk hasil daya tarik sebesar 90%. Pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning ini memiliki potensi untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran dikarenakan media yang ada dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Sehingga hal tersebut dapat menjadikan proses belajar menjadi efektid efisien dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87194

Actions (login required)

View Item View Item