Widyanti, Fitriana Rizqy (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan pendekatan bermain untuk siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 15 Malang / Fitriana Rizqy Widyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Widyanti Fitriana R. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Pendekatan Bermain untuk Siswa Kelas VIII-D di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. Kata Kunci hasil belajar passing bawah bolavoli pendidikan jasmani pendekatan bermain Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang menjadi muatan dalam kurikulum sekolah menengah pertama (SMP). Permainan bolavoli materi passing bawah bolavoli termasuk ke dalam cakupan materi yang diberikan di kelas VIII. Berdasarkan hasil observasi awal pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi passing bawah bolavoli di kelas VIII D SMP Negeri 15 Malang dengan jumlah 33 33% benar dan 66 67% salah pada teknik posisi kaki. 33 33% benar dan 66 67% salah pada teknik sikap badan. 26 67% benar dan 73 33% salah pada teknik posisi lengan. 26 67% benar dan 73 33% salah pada teknik perkenaan dan arah bola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa VIII D SMPN 15 Malang dengan menggunakan pendekatan bermain. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan jumlah subjek penelitian 30 peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 15 Malang. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan catatan lapangan. Pada penilaian aspek kognitif memperoleh hasil 84 67% pada siklus 2 pertemuan 3. Pada penilaian aspek afektif siklus 1 dan siklus 2 memperoleh hasil rata-rata 95 56% pada sikap sportif 85 56% pada sikap tanggung jawab 91 67% pada sikap saling menghargai 92 78% pada sikap kerjasama 60 56% pada sikap toleransi dan 60% pada sikap disiplin. Pada penilaian aspek psikomotorik siklus 2 pertemuan 1 posisi kaki memperoleh hasil 60% posisi badan 56 67% posisi lengan 63 33% perkenaan dan arah bola 50%. Kemudian pada siklus 2 pertemuan 2 posisi kaki memperoleh hasil 70% posisi badan 70% posisi lengan 66 67% perkenaan dan arah bola 70%. Dan pada siklus 2 pertemuan 3 posisi kaki memperoleh hasil 76 67% posisi badan 80% posisi lengan 76 67% perkenaan dan arah bola 80%. Berdasarkan hasil data di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 15 Malang. Diharapkan setiap guru pengajar memiliki metode yang tepat untuk meningkatkan semangat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87193 |
Actions (login required)
View Item |