Upaya meningkatkan keaktifan pembelajaran shooting bolabasket melalui model pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) pada peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Malang / Mohammad Zainur Rozikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keaktifan pembelajaran shooting bolabasket melalui model pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) pada peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Malang / Mohammad Zainur Rozikin

Rozikin, Mohamad Zainur (2019) Upaya meningkatkan keaktifan pembelajaran shooting bolabasket melalui model pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) pada peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Malang / Mohammad Zainur Rozikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rozikin Mohamad Zainur. 2019. Upaya Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Shooting BolaBasket Melalui Model Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) Pada Peserta Kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mu arifin M.Pd. Kata Kunci keaktifan pembelajaran shooting bolabasket teaching games for understanding (TGfU). Salah satu pengaruh yang besar dalam proses pembelajaran adalah keaktifan siswa. Terlebih lagi pada proses pembelajaran pendidikan jasmani yang memanfaatkan aktifitas jasmani. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X MIPA 4 MAN 1 kota Malang keaktifan siswa pada pembelajaran shooting bolabasket siswa masih belum optimal. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran shooting bolabasket di kelas X MIPA 4 MAN 1 kota malang yang belum optimal melalui model pendekatan TGFU. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pangamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini melibatkan peneliti sebagai guru dan dua orang guru pendidikan jasmani di sekolah tersebut yang secara kolaborasi menyusun rencana tindakan yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran shooting bolabasket mengalami peningkatan setelah diberikan pendekatan TGFU. Hasil dari indikator a) mengikuti tugas gerak (teknik dasar shooting bolabasket) dengan semangat sebesar 55 15% pada siklus 1 meningkat 81 67% siklus 2 b) memperhatikan perintah guru dengan baik sebesar 53 82% pada siklus 1 meningkat 82 07% siklus 2 c) menciptakan suasasan pembelajaran yang kondusif sebesar 55 44% pada siklus 1 meningkat 82 77% siklus 2 d) giat dalam upaya menguasai materi teknik dasar shooting permainan bolabasket sebesar 54 12% pada siklus 1 meningkat 81 55% siklus 2 e) berperan aktif dalam melakukan pembelajaran teknik dasar shooting permainan bolabasket sebesar 52 06% pada siklus 1 meningkat 81 52% siklus 2. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan TGFU dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran shooting bolabasket pada kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87185

Actions (login required)

View Item View Item