Sumarni, Fitria Ani (2019) Identifikasi kendala guru dan peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di madrasah aliyah se-kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto / Fitria Ani Sumarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sumarni Fitria Ani. 2019. Identifikasi Kendala Guru dan Peserta Didik pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lokananta Teguh Hari Wiguno M.Kes. Kata kunci kendala guru dan peserta didik pembelajaran pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil observasi awal diikuti dengan wawancara ternyata di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Mojosari menunjukkan indikasi awal bahwa terdapat beberapa kendala. Kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik di MAN 1 Mojokerto yaitu alokasi waktu yang tidak bisa dimaksimalkan karena jarak antara sekolah dengan lapangan desa sangat jauh serta lapangan yang berbentuk semi indoor dan guru tidak memodifikasi peralatan sehingga pelaksanaan pembelajaran lempar lembing cakram sepak bola dan lompat jauh tidak bisa dilaksanakan disekolah. Kemudian di MAS Al-fatah kendala yang dihadapi oleh guru penjas dan peserta didik yaitu sekolah tidak mempunyai lapangan sehingga memakai lapangan desa dan banyaknya peralatan olahraga yang belum memadai. Sedangkan di MAS Mamba ul Ulum menunjukkan kendala yang dihadapi oleh guru penjas dan peserta didik yaitu tidak semua materi pembelajaran olahraga dapat dipraktikkan dikarenakan harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pesantren serta terdapat beberapa peralatan olahraga yang tidak layak untuk dipakai peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru dan peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam kurun waktu seminggu. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan penyebaran angket. Teknik sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 4 guru penjas dan 138 peserta didik yang mencakup 46 peserta didik kelas X dan XI dari MAS AL-Fatah MAN 1 Mojokerto dan MAS Mamba ul Ulum. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kendala guru se-Kecamatan Mojosari pada pelaksanaan pembelajaran penjas sebanyak 38.75% yang meliputi kendala perencanaan 21% kendala proses 71% kendala evaluasi 0% dan kendala sarpras 63% dengan total keseluruhan kendala yaitu 38.75% dengan kategori rendah. Sedangkan kendala peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran penjas di MAS AL-Fatah sebanyak 83% peserta didik di MAN 1 Mojokerto mengalami kendala sebanyak 47.25% sedangkan peserta didik di MAS Mamba ul Ulum sebanyak 69.28% dengan total kendala peserta didik di Madrsah Aliyah se-Kecamatan Mojosari sejumlah 67% dengan kategori tinggi. Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kendala guru dan peserta didik masuk dalam kategori cukup pada pelaksanaan pembelajaran penjas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/87184 |
Actions (login required)
View Item |