Studi komparatif pengaruh metode bermain dalam pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Bagus Wahyu Hidayat

Hidayat, Bagus Wahyu (2019) Studi komparatif pengaruh metode bermain dalam pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Bagus Wahyu Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hidayat, W. H. 2019. Studi Komparatif Pengaruh Metode Bermain dalam Pembelajaran Bolavoli Gandu level II dan Bolavoli Mini Terhadap Hasil Belajar Passing Atas siswa Kelas VIII F Smpn 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Asim, M.Pd. Kata Kunci: bolavoli gandu level II, bolavoli mini, metode bermain, dan keterampilan passing atas bolavoli. Permainan bolavoli adalah permainan yang dimainkan oleh enam orang dalam satu tim. Permainan bolavoli memilki teknik dasar antara lain, service, passing bawah, passing atas, smash, dan block. Berdasarkan hasil tes keterampilan teknik dasar bolavoli bahwa teknik dasar yang memiliki tingkat kesalahan yang paling banyak adalah keterampilan passing atas. Hal tersebut dikarenakan guru jarang memberikan materi teknik dasar passing atas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan teknik dasar passing atas yaitu dengan menggunakan pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII F SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII F SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavloi mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII F SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan two group, pretest, posttest, design. Variabel bebas bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain. Variabel terikat yaitu hasil belajar passing atas bolavoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu arah dengan taraf signifikansi &#945; = 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis varians satu arah diperoleh: 1) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest 21,87 dan posttest 30,06 hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,00 < 0,05, dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli, 2) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest 22,13 dan posttest 28,06 hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,00 < 0,05, dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran bolavoli mini vi menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli, 3) tidak ada perbedaan rata-rata skor posttest 30,06 hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain dan rata-rata skor posttest 28,06 hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain dengan probabilitas 0,168 > 0,05, dengan demikian tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain, terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII F SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Jadi, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa SMP. vii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87182

Actions (login required)

View Item View Item