Upaya meningkatkan kelincahan menggunakan metode bermain untuk siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang / Yusuf Arifianto

Arifianto, Yusuf (2019) Upaya meningkatkan kelincahan menggunakan metode bermain untuk siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang / Yusuf Arifianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifianto, Yusuf. 2019. Upaya Meningkatkan Kelincahan Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Eko Hariyanto. M.Pd. Kata kunci: Kebugaran Jasmani, Kelincahan, Metode Bermain. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh masalah berupa kelincahan siswa yang harus ditingkatkan. Hasil tes awal dengan menggunakan Illinois agility run test menunjukkan bahwa 100% (28 siswa) di kelas VII A tidak lincah (average, fair, poor). Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan kelincahan siswa menggunakan metode bermain dengan prinsip latihan zigzag, shuttle run, dan lari ke segala arah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang dengan tujuan untuk meningkatkan kelincahan siswa menggunakan metode bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelincahan siswa. Setelah dilakukan tindakan terdapat peningkatan kelincahan siswa berdasarkan hasil post test disetiap pertemuan praktik. Sebelum dilakukan tindakan, hasil tes menunjukkan bahwa 100% (28 siswa) di kelas VII A tergolong tidak lincah (average, fair, poor) kategori maksimal hanya berada pada kategori rata-rata (average). Setelah dilakukan tindakan, hasil tes menunjukkan bahwa 17,7% (5 siswa) tergolong lincah (excellent, good). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan kelincahan siswa kelas VII A SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang, meskipun tidak menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87180

Actions (login required)

View Item View Item