Pengembangan circuit game kebugaran jasmani bagi peserta didik kelas V SDN 2 Kunti dengan multimedia interaktif / Ulfia Sari Putri

Putri, Ulfia Sari (2019) Pengembangan circuit game kebugaran jasmani bagi peserta didik kelas V SDN 2 Kunti dengan multimedia interaktif / Ulfia Sari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Putri, Ulfia S. 2019. Pengembangan Permainan Circuit Game Kebugaran Jasmani Bagi Peserta Didik Kelas V SDN 2 Kunti Dengan Multimedia Interaktif. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr.Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes Kata Kunci: circuit game, kebugaran jasmani, multimedia interaktif Berdasarkan hasil observasi analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 2 Kunti kabupaten ponorogo 100% peserta didik mengungkapkan bahwa guru tidak pernah menggunakan video sebagai media pembelajaran dalam materi kebugaran jasmani sedangkan 100% peserta didik menyatakan bahwa video merupakan media pembelajaran yang memudahkan mereka dalam belajar. Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa guru belum pernah menyampaikan materi melalui media yang dianggap peserta didik memudahkan mereka dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Circuit Game kebugaran jasmani yang dikemas dengan multimedia interaktif. Dengan adanya produk ini diharapkan dapat membantu guru pendidikan jasmani dalam menyampaikan materi kepada peserta didik melalui media yang tepat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model Brog & Gall dimana ada 10 tahapan yang harus dilaksanakan tapi disederhanakan menjadi 7 tahapan saja yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) membuat rancangan produk, (3) evaluasi oleh alhi, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kunti yang berjumlah 20 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani dan juga saran-saran yang diberikan oleh para ahli. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari penyebaran angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan pengumpulan data dari evaluasi ahli permainan diperoleh hasil validasi sebesar 87% dan dari ahli media sebesar 92%. Setelah diuji cobakan pada kelompok kecil diperoleh hasil validasi produk sebesar 89% dari peserta didik, dan 92% dari guru pendidikan jasmani. Tahap selanjutnya pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil validasi produk dari peserta didik sebesar 93% dan dari guru pendidikan jasmani sebesar 92%. Berdasarkan hasil di atas maka pengembangan circuit game kebugaran jasmani bagi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kunti dengan multimedia interaktif ini layak untuk digunakan. Sehingga produk ini dapat digunakan oleh guru pendidikan jasmani dalam menyampaikan materi dan juga dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar khususnya terkait materi kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87177

Actions (login required)

View Item View Item