Pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J SMPN 10 Kota Malang / Adhe Agung Setya Budi

Budi, Adhe Agung Setya (2019) Pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J SMPN 10 Kota Malang / Adhe Agung Setya Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Budi, Adhe Agung Setya. 2019. Pengaruh Pembelajaran Bolavoli Gandu Level II dan Bolavoli Mini Menggunakan Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII J SMPN 10 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Asim, M. Pd. Kata kunci: bolavoli gandu level II, bolavoli mini, passing atas bolavoli Berdasarkan hasil observasi keterampilan passing atas bolavoli siswa kelas VIII J pada hari Jum’at tanggal 24 Agustus 2018 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang diperoleh 66,7% siswa mendapatkan nilai kurang baik, 26,7% Cukup, dan 6,7% Baik. Tidak adanya permainan atau modifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran bolavoli membuat siswa tidak maksimal dalam proses pembelajaran yang akan berdampak pada kurangnya peningkatan dan pengembangan tingkat keterampilan dalam hal bermain bolavoli. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengenalkan dan memberikan pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang khususnya untuk kelas VIII J. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang, (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Variabel bebas berupa bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain, variabel terikat berupa hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII J Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang yang berjumlah 30 siswa dengan 15 siswa kelompok bolavoli gandu level II dan 15 siswa kelompok bolavoli mini. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu arah (One Way Anova) dengan signifikansi &#945; = 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis varians satu arah diperoleh: (a) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain, dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing atas, (b) terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain, dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain vi terhadap hasil belajar keterampilan passing atas, (c) terdapat perbedaan rata-rata skor posttest hasil belajar passing atas kelompok pembelajaran bolavoli gandu level II dan kelompok pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain, dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan pembelajaran bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing atas. Dapat disimpulkan pembelajaran bolavoli gandu level II menggunakan metode bermain lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran bolavoli mini terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli siswa kelas VIII J Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan pembelajaran bolavoli gandu level II metode bermain lebih berpengaruh sebagai pembelajaran yang mempermudah siswa dalam mempelajari permainan bolavoli dan dapat meningkatan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli siswa kelas VIII J SMPN 10 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87176

Actions (login required)

View Item View Item